Efektivitas Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.5232Keywords:
STM, hasil belajar, aditif, adiktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII di SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat dan untuk mengidentifikasi respon siswa terhadap pendekatan STM pada materi zat aditif dan zat adiktif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 15 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay. Dari 15 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,66% yang tuntas. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, penggunaan pendekatan STM efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII SMP SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat.
References
Afni, N., Khairil, K., & Abdullah, A. (2017). Penerapan pendekatan stm (sains teknologi masyarakat) pada konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis di sma negeri 4 wira bangsa meulaboh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 2(2), 77-82.
Amalia, L., Hamid, A., & Wahyuni, A. (2016). Penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar pada materi cahaya kelas viii1 di smpn 1 darussalam aceh besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(4) 120-126.
Andika, F. (2016). Penerapan pendekatan pembelajaran stm berbasis eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid di sma 1 pasei raja. Skipsi. Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arianti, F. (2018). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe two stay to stray terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi di sman 1 unggul darul imarah aceh besar. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Hadawiyah, R., Adnyana, P. B., & Warpala, I. S. (2019). Efektivitas penerapan pendekatan stm dalam pembelajaran ipa terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan kelas vii di smp negeri 3 singaraja. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(2), 52-61.
Kunandar. (2013). Langkah mudah penelitan tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Majas, N. (2016). Pengaruh pembelajaran sains teknologi masyarakat (stm) terhadap keterampilan proses sains pada materi termokimia siswa kelas xi sman 1 simpang kiri. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Renold, R., Jamhari, M., & Rede, A. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan sains teknologi masyarakat (stm) pada pelajaran ipa pokok bahasan daur air siswa kelas v sdn 2 dataran bulan. Jurnal Kreatif Online, 1(2) 30-38.
Slameto, S. (2015). Implementasi penelitian tindakan kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47-58.
Sukmawati, F. (2015). Pengembangan bahan ajar biologi berbasis contextual teaching learning untuk mengefektifkan pembelajaran bagi siswa sma. FENOMENA, 7(1), 145-154.
Trianto. (2012). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksra.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anneke T. Rondonuwu, Markus Ronal Matrutty, Zusje W. M. Warouw
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.