Efektivitas Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat STM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.5232

Keywords:

STM, hasil belajar, aditif, adiktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan Sains Teknologi Masyarakat STM dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII di SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat dan untuk mengidentifikasi respon siswa terhadap pendekatan STM pada materi zat aditif dan zat adiktif Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 15 orang siswa Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay< em> Dari 15 siswa pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86 66 yang tuntas Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II Dengan demikian penggunaan pendekatan STM efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII SMP SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat < p>

References

Afni N Khairil K Abdullah A 2017 Penerapan pendekatan stm sains teknologi masyarakat pada konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis di sma negeri 4 wira bangsa meulaboh BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan 2 2 77 82

Amalia L Hamid A Wahyuni A 2016 Penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar pada materi cahaya kelas viii1 di smpn 1 darussalam aceh besar Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 1 4 120 126

Andika F 2016 Penerapan pendekatan pembelajaran stm berbasis eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid di sma 1 pasei raja Skipsi Universitas Islam Negeri Ar raniry Banda Aceh

Arikunto S 2013 Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta

Arianti F 2018 Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe two stay to stray terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi di sman 1 unggul darul imarah aceh besar Skripsi UIN Ar Raniry Banda Aceh

Hadawiyah R Adnyana P B Warpala I S 2019 Efektivitas penerapan pendekatan stm dalam pembelajaran ipa terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan kelas vii di smp negeri 3 singaraja Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha 6 2 52 61

Kunandar 2013 Langkah mudah penelitan tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Majas N 2016 Pengaruh pembelajaran sains teknologi masyarakat stm terhadap keterampilan proses sains pada materi termokimia siswa kelas xi sman 1 simpang kiri Skripsi UIN Ar Raniry Banda Aceh

Renold R Jamhari M Rede A 2013 Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan sains teknologi masyarakat stm pada pelajaran ipa pokok bahasan daur air siswa kelas v sdn 2 dataran bulan Jurnal Kreatif Online 1 2 30 38

Slameto S 2015 Implementasi penelitian tindakan kelas Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5 3 47 58

Sukmawati F 2015 Pengembangan bahan ajar biologi berbasis contextual teaching learning untuk mengefektifkan pembelajaran bagi siswa sma FENOMENA 7 1 145 154

Trianto 2012 Model pembelajaran terpadu Jakarta: PT Bumi Aksra

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles