Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMPN 2 Poigar
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.560Keywords:
discovery learning, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning< em> berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Metodologi penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design< em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Poigar yang terdiri dari dua kelas yakni kelas A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol Hasil analisis data diperoleh dari nilai pretest< em> dan posttest< em> yang diuji menggunakan SPSS Hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning< em> berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Poigar mempunyai pengaruh yang signifikan dengan nilai Sig < em> sebesar 0 000 lt; 0 05 Oleh karena nilai Sig < em> sebesar 0 000 lebih kecil dari 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning< em> berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Poigar < p>
