Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMPN 2 Poigar

Authors

  • Tirsa Regina Potu Universitas Negeri Manado
  • Cosmas Poluakan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.560

Keywords:

discovery learning, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Poigar, yang terdiri dari dua kelas yakni kelas A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang diuji menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Poigar mempunyai pengaruh yang signifikan, dengan nilai Sig. α sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena nilai Sig. α sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia interaktif  terhadap  kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Poigar.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles