Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMPN 2 Poigar
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.560Keywords:
discovery learning, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Poigar, yang terdiri dari dua kelas yakni kelas A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang diuji menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Poigar mempunyai pengaruh yang signifikan, dengan nilai Sig. α sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena nilai Sig. α sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Poigar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Tirsa Regina Potu, Cosmas Poluakan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.