Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry dan Discovery Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di SMP Negeri 3 Tondano

Authors

  • Sanci Mangar Universitas Negeri Manado
  • Ni Wayan Suriani Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.603

Keywords:

inquiry, discovery, sistem ekskresi pada manusia, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran inquiry dan discovery pada materi sistem ekskresi di SMP Negeri 3 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experimen) dengan rancangan penelitian pretest posttest group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII-A menggunakan metode inquiry dan kelas VIII-C menggunakan metode discovery. Hasil penelitian menunjukkan thitung sebesar 2,39. Data tabel distribusi t pada 0,05 dengan derajat kebebasan n1 + n2 – 2 = 57, maka diperoleh ttabel sebesar 2,00. Jadi diperoleh thitung = 2,39 > ttabel = 2,00. Berdasarkan kriteria pengujian, jika thitung lebih besar dari ttabel, maka H0 ditolak yang berarti H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi pada manusia antara kelas yang menggunakan pembelajaran dengan meteode inquiry dan kelas yang menggunakan pembelajaran dengan metode discovery.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles