Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry dan Discovery Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di SMP Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.603Keywords:
inquiry, discovery, sistem ekskresi pada manusia, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran inquiry dan discovery pada materi sistem ekskresi di SMP Negeri 3 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experimen) dengan rancangan penelitian pretest posttest group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII-A menggunakan metode inquiry dan kelas VIII-C menggunakan metode discovery. Hasil penelitian menunjukkan thitung sebesar 2,39. Data tabel distribusi t pada 0,05 dengan derajat kebebasan n1 + n2 – 2 = 57, maka diperoleh ttabel sebesar 2,00. Jadi diperoleh thitung = 2,39 > ttabel = 2,00. Berdasarkan kriteria pengujian, jika thitung lebih besar dari ttabel, maka H0 ditolak yang berarti H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi pada manusia antara kelas yang menggunakan pembelajaran dengan meteode inquiry dan kelas yang menggunakan pembelajaran dengan metode discovery.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Sanci Mangar, Ni Wayan Suriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.