Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry dan Discovery Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di SMP Negeri 3 Tondano

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.603

Keywords:

inquiry, discovery, sistem ekskresi pada manusia, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran inquiry< em> dan discovery< em> pada materi sistem ekskresi di SMP Negeri 3 Tondano Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu quasi experimen< em> dengan rancangan penelitian pretest posttest group design< em> Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII A menggunakan metode inquiry< em> dan kelas VIII C menggunakan metode discovery< em> Hasil penelitian menunjukkan thitung< sub> sebesar 2 39 Data tabel distribusi t pada 0 05 dengan derajat kebebasan n1 n2 2 = 57 maka diperoleh ttabel< sub> sebesar 2 00 Jadi diperoleh thitung < sub>= 2 39 gt; ttabel < sub>= 2 00 Berdasarkan kriteria pengujian jika thitung< sub> lebih besar dari ttabel< sub> maka H0< sub> ditolak yang berarti H1< sub> diterima Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata rata hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi pada manusia antara kelas yang menggunakan pembelajaran dengan meteode inquiry < em>dan kelas yang menggunakan pembelajaran dengan metode discovery< em> < p>

References

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles