Validitas Produk LKPD Konstruktivisme dengan Bantuan Flipcreator pada Topik Sistem Pernapasan

Authors

  • Musma Rukmana Universitas Negeri Manado
  • Hasmiati Hasmiati Universitas Negeri Manado
  • Tika Putri Agustina Universitas Negeri Manado
  • Fernando Andre Watung Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6041

Keywords:

LKPD, konstruktivisme, flipcreator

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan produk LKPD konstruktivisme dengan bantuan flipcreator pada topik sistem pernapasan yang memenuhi syarat kevalidan. Metodologi penelitian yang dipakai mengacu pada model R&D yaitu ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Perangkat penilaian yang digunakan  adalah  instrumen penilaian kevalidan LKPD konstruktivisme dengan bantuan flipcreator. Dari hasil analisis data, nilai rata-rata kevalidan yang diperoleh dari hasil penilaian validator terhadap LKPD konstruktivisme dengan bantuan flipcreator yaitu 4,21 yang termasuk dalam kategori valid. Hasil tersebut mengungkapkan bahwa konten, figurasi, media serta bahasa yang digunakan pada LKPD konstruktivisme dengan bantuan flipcreator yang telah dikembangkan efektif untuk dimanfaatkan pada kegiatan pembelajaran dan sebagai media untuk mendukung proses pembelajaran.

References

Adnan. (2015). Model pembelajaran biologi konstruktivistik berbasis tik (mpbk berbasis tik) untuk siswa smp. Journal of EST, 1(1), 1-11.

Amin. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis konstruktivisme berdasar teori sosial vygotsky di sekolah menengah atas. Jurnal Sainsmat, 1(2), 109-124.

Azis, A. A. & Nur, N. (2012). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis macromedia flash pada konsep sistem reproduksi manusia. Jurnal Bionature, 13(2), 83-88.

Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, S. (2019). Pengembangan bahan ajar bahasa arab berbasis teori belajar konstruktivisme untuk mahasiswa. Journal of Arabic Studies, 4(1), 100-114.

Hobri. (2009). Metodologi penelitian dan pengembangan (development research) (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: FKIP Universitas Jember.

Meini, Hasanuddin, & Djufri. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis lkpd konstruktivistik terhadap hasil belajar kognitif siswa pada konsep makanan dan sistem pencernaan di sma negeri 12 banda aceh. Jurnal EduBio Tropika, 5(1), 33-37.

Nurhajati. (2014). Pengaruh penerapan pendekatan konstruktivisme dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan program cabri 3d terhadap kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa sma di kota tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 1-11.

Sanjaya, W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Suprijono, A. (2014). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syamsurizal, E. & Devi, M. (2014). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) non eksperimen untuk materi kesetimbangan kimia kelas xi ipa sma n 8 muaro jambi. J. Ind. Soc. Integ. Chem, 6(2), 35-42.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles