Manajemen Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif pada Mata Kuliah Termodinamika

Authors

  • Patricia Mardiana Silangen Universitas Negeri Manado
  • Aufa Maulida Fitrianingrum Universitas Negeri Manado
  • Ferry Lourens Sampel Korompis Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6495

Keywords:

manajemen, pembelajaran, kolaboratif, partisipatif

Abstract

Manajemen pembelajaran yang baik akan menentukan baik buruknya pembelajaran. Untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas, diperlukan manajemen yang baik yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Pembelajaran kolaboratif dan partisipatif merupakan filsafat pembelajaran yang memudahkan para siswa bekerjasama, saling membina, belajar dan berubah serta maju bersama harus dapat berjalan dengan baik sehingga manajemen pembelajaran dibutuhkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen pembelajaran kolaboratif dan partisipatif pada mata kuliah termodinamika dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kombinasi (mix method) data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan flow model (kumpul, reduksi, display, verifikasi). Hasil Penelitian diperoleh bahwa penggunaan manajemen pembelajaran efektif dalam perkuliahan termodinamika materi hukum-hukum termodinamika.

References

Abdurrohim, Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2016). Pengembangan lembar kegiatan siswa (lks) berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 197 – 212.

Amiruddin. (2019). Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. Journal of Education Science (JES), 5(1), 24-32.

Fattah, N. (2008). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari. R. (2017). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Manulang, M. (2008). Dasar-dasar manajemen. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Mulyasana. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi, konsep, karaktristik dan pembelajaran partisipatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslim, A. (2020). Implementasi pembelajaran partisipatif melalui focus group discussion dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa. Jurnal Paedagogy, 4(1), 15-20.

Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum. Jurnal Idaarah, 1(2), 318-330.

Sudjana. (2005). Metoda dan teknik pembelajaran partisipatif. Bandung: Penerbit Fallah Production.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suryani, N. (2010). Implementasi model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan ketrampilan sosial siswa. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 6(2), 1-23.

Sutikno, M. (2012). Manajemen pendidikan langkah praktis mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul. Lombok: Holistica.

Terry, G. R. & Franklin, S. G. (1982). Principle of management. Homewood: Richard D. Irwin Ilc.

Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan pembelajaran. Bandung: Pakar Raya.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles