Manajemen Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif pada Mata Kuliah Termodinamika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6495

Keywords:

manajemen, pembelajaran, kolaboratif, partisipatif

Abstract

Manajemen pembelajaran yang baik akan menentukan baik buruknya pembelajaran Untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas diperlukan manajemen yang baik yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan Pembelajaran kolaboratif dan partisipatif merupakan filsafat pembelajaran yang memudahkan para siswa bekerjasama saling membina belajar dan berubah serta maju bersama harus dapat berjalan dengan baik sehingga manajemen pembelajaran dibutuhkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen pembelajaran kolaboratif dan partisipatif pada mata kuliah termodinamika dari perencanaan pelaksanaan sampai dengan evaluasi pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kombinasi mix method< em> data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara angket lembar observasi dan tes Data dianalisis dengan flow model< em> kumpul reduksi display< em> verifikasi Hasil Penelitian diperoleh bahwa penggunaan manajemen pembelajaran efektif dalam perkuliahan termodinamika materi hukum hukum termodinamika < p>

References

Abdurrohim Feronika T Bahriah E S 2016 Pengembangan lembar kegiatan siswa lks berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 2 2 197 212

Amiruddin 2019 Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif Journal of Education Science JES 5 1 24 32

Fattah N 2008 Landasan manajemen pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya

Kristiawan M Safitri D Lestari R 2017 Manajemen pendidikan Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Manulang M 2008 Dasar dasar manajemen Yogyakarta: Universitas Gajah Mada

Mulyasana 2003 Kurikulum berbasis kompetensi konsep karaktristik dan pembelajaran partisipatif Bandung: Remaja Rosdakarya

Muslim A 2020 Implementasi pembelajaran partisipatif melalui focus group discussion dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa Jurnal Paedagogy 4 1 15 20

Nasbi I 2017 Manajemen kurikulum Jurnal Idaarah 1 2 318 330

Sudjana 2005 Metoda dan teknik pembelajaran partisipatif Bandung: Penerbit Fallah Production

Sugiyono 2016 Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: PT Alfabeta

Suryani N 2010 Implementasi model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan ketrampilan sosial siswa Majalah Ilmiah Pembelajaran 6 2 1 23

Sutikno M 2012 Manajemen pendidikan langkah praktis mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul Lombok: Holistica

Terry G R Franklin S G 1982 Principle of management Homewood: Richard D Irwin Ilc

Yulaelawati E 2004 Kurikulum dan pembelajaran Bandung: Pakar Raya

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles