Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Advent Tondano

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.666

Keywords:

model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII SMP Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental semu yaitu posttest control group design< em> Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yakni kelas VIIA berjumlah 18 siswa kelas eksperimen dan kelas VIIB berjumlah 18 siswa kelas kontrol sehingga total jumlah keseluruhan sampel penelitian adalah 36 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung < sub>= 5 063 gt; ttabel < sub>= 2 050 Berdasarkan kriteria pengujian jika thitung< sub> lebih besar dari ttabel< sub> thitung < sub> gt; ttabel< sub> maka H0< sub> ditolak yang berarti Ha< sub> diterima yang artinya rata rata skor hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan rata rata hasil belajar IPA siswa yang diajar tanpa model pembelajaran berbasis proyek Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa di SMP Advent Tondano < p>

References

Amanda N W Y Subagia I W Tika I N 2014 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 4 1

Arimbawa P Sadia I W Tika I N 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek MPBP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP Dilihat Dari Motivasi Berprestasi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 3 1

Dewi A P Peniati E 2012 Penugasan Proyek Untuk Mengoptimalkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Journal of Biology Education 1 1

Dimyati Mudjiono 2006 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT Rineka Cipta

Grant M M 2002 Getting A Grip of Project Based Learning: Theory Cases and Recomandation North Carolina: Meredian A Middle School Computer Technologies Journal 5 10 34

Rati N W Kusmaryatni N Rediani N 2017 Model Pembelajaran Berbasis Proyek Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa JPI Jurnal Pendidikan Indonesia 6 1 60 71

Sani R A 2014 Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013 Jakarta: Bumi Aksara

Sastrika I A K Sadia W Muderawan I W 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 3 2

Sugiyono 2011 Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Tumewu W A Wulan A R Sanjaya Y 2017 May Comparison between project based learning and discovery learning toward students metacognitive strategies on global warming concept In AIP Conference Proceedings Vol 1848 No 1 p 060013 AIP Publishing LLC

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles