Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Advent Tondano

Authors

  • Buarno Refualu Universitas Negeri Manado
  • Ni Wayan Suriani Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.666

Keywords:

model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental semu yaitu posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yakni kelas VIIA berjumlah 18 siswa (kelas eksperimen) dan kelas VIIB berjumlah 18 siswa (kelas kontrol) sehingga total jumlah keseluruhan sampel penelitian adalah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 5,063 > ttabel = 2,050. Berdasarkan kriteria pengujian, jika thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) maka H0 ditolak yang berarti Ha diterima yang artinya rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar IPA siswa yang diajar tanpa model pembelajaran berbasis proyek. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa di SMP Advent Tondano.

References

Amanda, N. W. Y., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Arimbawa, P., Sadia, I. W., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (MPBP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP Dilihat Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Dewi, A. P., & Peniati, E. (2012). Penugasan Proyek Untuk Mengoptimalkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 1(1).

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Grant, M. M. (2002). Getting A Grip of Project Based Learning: Theory, Cases and Recomandation. North Carolina: Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal, 5, 10-34.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tumewu, W. A., Wulan, A. R., & Sanjaya, Y. (2017, May). Comparison between project-based learning and discovery learning toward students’ metacognitive strategies on global warming concept. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1848, No. 1, p. 060013). AIP Publishing LLC.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles