Implementasi Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya dan Sifat–Sifatnya di Kelas VIII SMP Advent Tondano

Authors

  • Senlly F. Dasmasela Universitas Negeri Manado
  • Meike Paat Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.667

Keywords:

metode eksperimen, hasil belajar

Abstract

Motivasi dan perhatian siswa yang kurang dalam belajar serta guru yang lebih sering menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas VIII SMP Advent Tondano melalui implementasi metode eksperimen. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas VIII SMP Advent Tondano, hal ini terlihat dari nilai maksimum hasil belajar siswa di siklus I adalah 85 dan nilai minimum 50 dengan rata-rata nilai 69,44 dan terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa pada siklus II yakni dengan nilai maksimum 95 dan nilai minimum 75 dengan rata-rata nilai 86,53. Demikian juga dengan jumlah ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Advent Tondano dari 44,44% di siklus I menjadi 100% di siklus II. Sehingga disimpulkan bahwa implementasi metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas VIII SMP Advent Tondano.

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Asmani, J. M. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Larasati, I. (2015). Keefektifan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Sifat-sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN 1 Prigi Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Lintong, M. M. (2010). Gagasan-Gagasan Pendidikan Kontemporer, Pemberdayaan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Cahaya Pineleng.

Nasution, S. (2006). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Santoso, H. B., & Subagyo, S. (2017). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 40-45.

Shofiah, R. I., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2017). Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA dan Retensi Siswa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 356-363.

Suarni, S., Haeruddin, H., & Dewi, A. I. (2016). Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Sifat Cahaya Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Balukang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kreatif Online, 4(1).

Sudjana, N. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles