Implementasi Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya dan Sifat Sifatnya di Kelas VIII SMP Advent Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.667Keywords:
metode eksperimen, hasil belajarAbstract
Motivasi dan perhatian siswa yang kurang dalam belajar serta guru yang lebih sering menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat sifatnya di kelas VIII SMP Advent Tondano melalui implementasi metode eksperimen Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Subjek penelitian berjumlah 36 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat sifatnya di kelas VIII SMP Advent Tondano hal ini terlihat dari nilai maksimum hasil belajar siswa di siklus I adalah 85 dan nilai minimum 50 dengan rata rata nilai 69 44 dan terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa pada siklus II yakni dengan nilai maksimum 95 dan nilai minimum 75 dengan rata rata nilai 86 53 Demikian juga dengan jumlah ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Advent Tondano dari 44 44 di siklus I menjadi 100 di siklus II Sehingga disimpulkan bahwa implementasi metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat sifatnya di kelas VIII SMP Advent Tondano < p>
References
Arikunto S 2011 Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka cipta
Asmani J M 2010 Tips Menjadi Guru Inspiratif Kreatif dan Inovatif Jogjakarta: DIVA Press
Fakhrurrazi F 2018 Hakikat Pembelajaran Yang Efektif At Tafkir 11 1 85 99
Larasati I 2015 Keefektifan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Sifat sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN 1 Prigi Kabupaten Banjarnegara Skripsi Universitas Negeri Semarang
Lintong M M 2010 Gagasan Gagasan Pendidikan Kontemporer Pemberdayaan Mutu Pendidikan di Indonesia Jakarta: Cahaya Pineleng
Nasution S 2006 Kurikulum dan Pengajaran Jakarta: PT Bumi Aksara
Santoso H B Subagyo S 2017 Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning PBL Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015 2016 Jurnal Taman Vokasi 5 1 40 45
Shofiah R I Bektiarso S Supriadi B 2017 Penerapan Model POE Predict Observe Explain dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA dan Retensi Siswa di SMP Jurnal Pembelajaran Fisika 6 4 356 363
Suarni S Haeruddin H Dewi A I 2016 Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Sifat Cahaya Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Balukang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Jurnal Kreatif Online 4 1
Sudjana N 2008 Dasar dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo
