Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat STM Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Pemanfaatan Struktur Tumbuhan Dalam Teknologi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.669

Keywords:

pendekatan sains teknologi masyarakat, hasil belajar, pemanfaatan struktur tumbuhan dalam teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Daerah Kotabunan pada sub materi pemanfaatan struktur tumbuhan dalam teknologi Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan penelitian pretest posttest control group design< em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri Daerah Kotabunan dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VIII B sebagai kontrol yang berjumlah 20 siswa Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest< em> sebelum proses penelitian dilaksanakan dan posttest< em> sesudah diberikan perlakuan Data hasil penelitian yang diperoleh berupa nilai rata rata hasil pretest< em> dan posttest< em> pada kelompok eksperimen 26 55 dan 59 5 sedangkan untuk kelompok kontrol nilai rata rata hasil pretest< em> dan posttest< em> adalah 23 85 dan 73 1 Setelah diuji statistik melalui uji t rata rata hasil belajar yang didapat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu thitung< sub> = 8 063 gt; ttabel< sub> = 1 304 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Daerah Kotabunan pada sub materi pemanfaatan struktur tumbuhan dalam teknologi < p>

References

Asikin N Irawati M H Syamsuri I 2017 Pembelajaran Biologi Berpendekatan Saintifik Model Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pedagogi Hayati 1 1 1 10

Aswadi 2017 Penerapan Sains Teknologi Masyarakat STM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII MTS Nurul IlmiRanggagata Tahun pelajaran 2016 2017 Skripsi Universitas Islam Negeri UIN Mataram

Azhari E 2014 Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat STM pada Konsep Energi dan Daya di Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh Skripsi UIN Ar Raniry Banda Aceh

Budi A P S Sunarno W 2018 May Natural Science Modules With SETS Approach To Improve Students Critical Thinking Ability In Journal of Physics: Conference Series Vol 1022 No 1 p 012015 IOP Publishing

Hanafiah N Suhana C 2009 Konsep Strategi Pembelajaran Bandung: Refika Aditama

Hunaepi Samsuri T Asy ari M Sukaisih R 2014 Sains Teknologi Masyarakat: Strategi Pendekatan dan Model Pembelajaran Mataram: Duta Pustaka Ilmu

Mun im A Yunus S R Aksa A 2019 Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat STM Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene Studi Pada Materi Pokok Pesawat Sederhana Jurnal IPA Terpadu 3 1 31 38

Renold R Jamhari M Rede A 2013 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat STM Pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Daur Air Siswa Kelas V SDN 2 Dataran Bulan Jurnal Kreatif Online 1 2

Sari I N Hairida R M 2016 Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat STM Sub Pokok Bahasan Pestisida di Kelas VIII SMP Negeri 8 Ketapang Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 3 1 41 50

Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Suteja I P Wijayanti A 2017 Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII NATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 4 1 1 6

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles