Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Pemanfaatan Struktur Tumbuhan Dalam Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.669Keywords:
pendekatan sains teknologi masyarakat, hasil belajar, pemanfaatan struktur tumbuhan dalam teknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Daerah Kotabunan pada sub materi pemanfaatan struktur tumbuhan dalam teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri Daerah Kotabunan dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VIII B sebagai kontrol yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum proses penelitian dilaksanakan dan posttest sesudah diberikan perlakuan. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa nilai rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen 26,55 dan 59.5 sedangkan untuk kelompok kontrol nilai rata-rata hasil pretest dan posttest adalah 23,85 dan 73,1. Setelah diuji statistik melalui uji-t, rata-rata hasil belajar yang didapat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu thitung = 8,063 > ttabel = 1,304. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Daerah Kotabunan pada sub materi pemanfaatan struktur tumbuhan dalam teknologi.
References
Asikin, N., Irawati, M. H., & Syamsuri, I. (2017). Pembelajaran Biologi Berpendekatan Saintifik Model Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogi Hayati, 1(1), 1-10.
Aswadi. (2017). Penerapan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII MTS Nurul IlmiRanggagata Tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.
Azhari, E. (2014). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Konsep Energi dan Daya di Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Budi, A. P. S., & Sunarno, W. (2018, May). Natural Science Modules With SETS Approach To Improve Students’ Critical Thinking Ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1022, No. 1, p. 012015). IOP Publishing.
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hunaepi, Samsuri, T., Asy'ari, M., & Sukaisih, R. (2014). Sains Teknologi Masyarakat: Strategi, Pendekatan dan Model Pembelajaran. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Mun'im, A., Yunus, S. R., & Aksa, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene (Studi Pada Materi Pokok Pesawat Sederhana). Jurnal IPA Terpadu, 3(1), 31-38.
Renold, R., Jamhari, M., & Rede, A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Daur Air Siswa Kelas V SDN 2 Dataran Bulan. Jurnal Kreatif Online, 1(2).
Sari, I. N., & Hairida, R. M. (2016). Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) Sub Pokok Bahasan Pestisida di Kelas VIII SMP Negeri 8 Ketapang. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(1), 41-50.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suteja, I. P., & Wijayanti, A. (2017). Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII. NATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 1-6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Supardi Abram, Anneke T. Rondonuwu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.