Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Talawaan
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6729Keywords:
STAD, hasil belajar siswaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Talawaan pada materi sistem pencernaan manusia Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Classroom Action Reseach< em> dengan mengikuti 4 tahapan penelitian yakni perencanaan pelaksnaan observasi dan refleksi Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan soal tes hasil belajar Subjek penelitian berjumlah 20 orang siwa yang terdiri atas 11 laki laki dan 9 orang siswa perempuan Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan sikap siswa Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 55 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85 Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division< em> STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa < p>
References
Agrin G S Arifuddin M Miriam S 2018 Meningkatkan hasil belajar ipa fisika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division stad Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 2 2 86 97
Anwar Y Ananda A Montessori M Khairani K 2022 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan pendekatan savi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ppkn Jurnal Basicedu 6 4 7433 7445
Arikunto S 2013 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta
Berlyana M D P Purwaningsih Y 2019 Experimentation of stad and jigsaw learning models on learning achievements in terms of learning motivation International Journal of Educational Research Review 4 4 517 524
Ege B Nuryadin R 2014 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division stad terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas viii sekolah menengah pertama negeri 5 nanga kayan VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 1 1 7
Firdaus M 2016 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division stad terhadap hasil belajar siswa smp Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 5 1 96 104
Hidayat E 2015 Pengaruh kinerja mengajar guru dan pemanfaatan sumber belajar terhadap mutu sekolah dasar di kecamatan indramayu kabupaten indramayu Tesis Universitas Pendidikan Indonesia
Hadinata L W Utaya S Setyosari P 2017 Pengaruh pembelajaran student team achievement division dan diskusi terhadap hasil belajar ipa kelas iv sd Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan 2 7 979 985
Hamalik O 2013 Proses belajar mengajar Jakarta: Bumi Askara
Haritsah S 2022 Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad student teams achievement devision untuk meningkatkan hasil belajar ipa Journal of Indonesian Teachers for Science and Technology 1 2 12 23
Pryanti W Nasrudin H 2022 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan literasi sains peserta didik melalui metode blended learning pada materi laju reaksi PENDIPA Journal of Science Education 6 2 508 515
Rofi ah S I T I 2021 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad student teams achievement divisions untuk meningkatkan hasil belajar siswa LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 1 2 145 153
Suparmini M 2021 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Journal of Education Action Research 5 1 67 73
Supriyono S 2014 Upaya meningkatkan hasil belajar ipa melalui pembelajaran kooperatif tipe stad di smpn 239 jakarta Jurnal Pengajaran MIPA 19 2 224 232
