Penerapan Model Pembelajaran POE dan Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6806Keywords:
poe, learning cycle 5e, hasil belajar, interaksi makhluk hidup dengan lingkunganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran POE dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E< em> materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano Nonequivalent control group design< em> digunakan dalam penelitian ini Dengan menggunakan teknik cluster random sampling< em> sampel dibagi menjadi dua kelas yang masing masing berjumlah 25 siswa dimana kelas eksperimen I adalah kelas VIIA dan kelas eksperimen II adalah kelas VIIB Pretest< em> dan posttest< em> digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran Uji hipotesis uji t menghasilkan nilai signifikan 0 000 lt; 0 025 yang artinya bahwa H0< sub> ditolak dan H1< sub> diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMP Negeri 6 Tondano yang diberikan model pembelajaran POE dan Learning Cycle 5E< em> < p>
References
Depdiknas 2008 Penetapan kriteria ketuntasan minimal KKM Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Fatimatuzzorah S Jufri A W Mertha I W 2020 Efektivitas penerapan model pembelajaran POE predict observe explain untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA J Pijar MIPA 15 4 351 356
Hake R R 1999 Interactive engagement versus traditional methods: A six
thousand student survey of mechanics test data for introductory physics
courses American Journal of Physics 66 1 64 74
Indriana V Arsyad N Mulbar U 2015 Penerapan pendekatan pembelajaran POE predict observe explain untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA1 SMAN 22 Makassar Jurnal Daya Matematis 3 1 51 62
Muna I A 2017 Model pembelajaran POE predict observe explain dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA Jurnal Studi Agama 5 1 73 91
Prasetyo Z K Fatonah S 2014 Pembelajaran sains Yogyakarta: Ombak
Restami M P 2019 Pengaruh model pembelajaran POE predict observe explain terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari gaya belajar siswa Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 16 1 11 20
Santoso S 2014 SPSS 22 from essential to expert skills Jakarta: PT Gramedia
Samudera V M Rokhmat J Wahyudi 2017 Pengaruh model pembelajaran predict observe explain terhadap hasil belajar fisika siswa ditinjau dari sikap ilmiah Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 3 1 101 108
Shofiah R I Bektiarso S Supriadi B 2017 Penerapan model POE predict observe explain dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar ipa dan retensi siswa di SMP Jurnal Pembelajaran Fisika 6 4 356 363
Shoimin 2014 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Sobur A 2016 Psikologi umum Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono 2015 Metode penelitian kuantitatif kualitatif R D Bandung: Alfabeta
Suranti M Yusuf M Payu C S 2018 Pengaruh penerapan model pembelajaran POE predict observe explain terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang Jurnal Entropi 13 2 227 231
Yupani N Pt E Garminah N Ny Mahadewi L Pt P 2014 Pengaruh model pembelajaran predict observe explain POE berbantuan materi bermuatan kearifan lokal terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Laporan Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha
Yusnaini 2021 Pentingnya inovasi pembelajaran sesuai karakteristik siswa dalam bidang studi IPA Diakses 10 Oktober 2022 dari https: lpmpaceh kemdikbud go id ?p=2079
