Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Klasifikasi Benda di SMP Negeri 4 Tabukan Utara
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.856Keywords:
reciprocal teaching, hasil belajar, klasifikasi bendaAbstract
Masalah yang terjadi di SMP Negeri 4 Tabukan Utara adalah hasil belajar siswa masih rendah dan belum memenuhi KKM. Hal ini karena metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Maka dari itu perlu diupayakan model pembelajaran yang efektif dan efisien salah satunya adalah model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi klasifikasi benda. Penelitian ini merupakan experiment semu, menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 4 Tabukan Utara dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 46,74 sedangkan untuk kelas kontrol 35,50. Setelah diuji statistik melalui uji-t, rata-rata hasil belajar yang didapat antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu thitung = 7,06 > ttabel = 2,020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap terhadap hasil belajar siswa materi klasifikasi benda.
References
Ariyasa, I. G., Antari, N. N. M., & Sulastri, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 37-40.
Efendi, N. (2013). Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 84-97.
Khusnia, D., & Nuraida, D. (2017, November). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 14, No. 1, pp. 484-489).
Kurniawati, N. M. E., Sudana, D. N., & Mahadewi, L. P. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Sanistiawati, N. M., Parwati, N. N., & Suryawan, I. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Amlapura. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(2), 65-73.
Sari, Y. I., Putra, I. K. A., & Suniasih, N. W. (2019). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(2), 58-64.
Shophia, A., & Mulyaningrum, E. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1), 1-14.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suteni, K., Wirya, I. N., & Mahadewi, L. P. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Suyitno, A. (2006). Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Zikria, A., & Yefterson, R. B. (2019). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia SMAN 2 Kota Solok. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), 146-153.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Grace Aprilia Budiman, Ferdy Dungus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.