Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Klasifikasi Benda di SMP Negeri 4 Tabukan Utara

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.856

Keywords:

reciprocal teaching, hasil belajar, klasifikasi benda

Abstract

Masalah yang terjadi di SMP Negeri 4 Tabukan Utara adalah hasil belajar siswa masih rendah dan belum memenuhi KKM Hal ini karena metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional Maka dari itu perlu diupayakan model pembelajaran yang efektif dan efisien salah satunya adalah model pembelajaran reciprocal teaching< em> untuk meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran reciprocal teaching< em> berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi klasifikasi benda Penelitian ini merupakan experiment semu menggunakan rancangan nonequivalent control group design< em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 4 Tabukan Utara dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa Hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata rata hasil pretest< em> dan posttest< em> pada kelas eksperimen adalah 46 74 sedangkan untuk kelas kontrol 35 50 Setelah diuji statistik melalui uji t rata rata hasil belajar yang didapat antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu thitung< sub> = 7 06 gt; ttabel< sub> = 2 020 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching< em> terhadap terhadap hasil belajar siswa materi klasifikasi benda < p>

References

Ariyasa I G Antari N N M Sulastri M 2014 Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Mimbar PGSD Undiksha 2 1 37 40

Efendi N 2013 Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 2 1 84 97

Khusnia D Nuraida D 2017 November Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pengajaran Terbalik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan In Proceeding Biology Education Conference: Biology Science Enviromental and Learning Vol 14 No 1 pp 484 489

Kurniawati N M E Sudana D N Mahadewi L P P 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng MIMBAR PGSD Undiksha 1 1

Sanistiawati N M Parwati N N Suryawan I P P 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Amlapura Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 9 2 65 73

Sari Y I Putra I K A Suniasih N W 2019 Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Journal of Education Technology 3 2 58 64

Shophia A Mulyaningrum E R 2017 Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi 6 1 1 14

Sugiyono 2011 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Suteni K Wirya I N Mahadewi L P P 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Buleleng MIMBAR PGSD Undiksha 1 1

Suyitno A 2006 Pemilihan Model Model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah Semarang: Universitas Negeri Semarang

Zikria A Yefterson R B 2019 Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia SMAN 2 Kota Solok Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development 1 2 146 153

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles