Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray Berbasis WhatsApp Terhadap Hasil Belajar Materi Zat Aditif dan Adiktif di SMP Negeri 4 Bitung
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i1.857Keywords:
two stay two stray, whatsapp, hasil belajar, zat aditif dan adiktifAbstract
Hasil belajar siswa di SMP N 4 Bitung masih di bawah KKM, hal ini terjadi karena belum digunakan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Strategi pembelajaran harus selalu dikembangkan untuk menarik minat belajar siswa. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh strategi pembelajaran tipe TSTS berbasis WhatsApp terhadap materi hasil belajar zat aditif dan adiktif. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 4 Bitung yang berjumlah 56 siswa sedangkan sampel yang digunakan untuk kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum perlakuan dan posttest sesudah perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 43,21 sedangkan untuk kelas kontrol 34,81. Setelah diuji statistik melalui uji-t diperoleh thitung = 6,10 > ttabel = 2,007. Dengan demikian uji hipotesis diterima bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran tipe TSTS berbasis WhatsApp terhadap hasil belajar materi zat aditif dan adiktif SMP N 4 Bitung.
References
Asriyanti, S., Ernawati, E., & Rahim, R. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Media Whatsapp terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maros. Equals, 3(2), 63-70.
Febriyanti, E. A. W., Jampel, I. N., & Syahruddin, S. P. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Hendrawan, K., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1-10.
Lestari, L., Tangkas, I. M., & Sabang, S. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 2 Pasangkayu Pada Pokok Bahasan Bentuk Molekul. Jurnal Akademika Kimia, 3(1), 15-20.
Moro, H. K. E. P. (2016). Pengaruh Penggunaan WhatsApps Messenger Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas KKH di PBIO FKIP UAD. Universitas Ahmad Dahlan.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, I., & Munthe, Y. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 1-7.
Wowor, E. C., Tumewu, W. A., & Rogahang, M. K. (2020). Penyelesaian Tugas Kelompok Mahasiswa Melalui Google Document. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4), 320-324.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37-45.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Gladys Sisca Pusung, Herry Maurits Sumampouw
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.