ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN BATU BARA SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jss.v13i1.12836Keywords:
Kepuasaan, Pelayanan, Masyarakat, Batu Bara, PublikAbstract
Tujuan utama dari s< em>urvei ini adalah untuk < em>mendeskripsikan bagaimana < em>t< em>i< em>ngkat kepuasan masyarakat < em>Batu Bara < em>terhadap kualitas pelayanan yang ada< em> di setiap Dinas di Kabupaten Batu Bara < em>Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran nbsp; mengenai nbsp; analisis nbsp; kepuasan nbsp; masyarakat nbsp; dalam nbsp; pelayanan nbsp; publik nbsp; di setiap Dinas yang ada di Kabupaten Batu Bara Untuk menganalisis nilai < em>S< em>urvei < em>K< em>epuasan < em>M< em>asyarakat dihitung dengan menggunakan nilai rata rata tertimbang masing masing unsur pelayanan < em>Hasil penelitian menunjukan bahwa: a Nilai < em>Indeks Kepuasan Masyarakat diketahui sebesar < em>73 64< em> Indeks ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang ada di D< em>inas Dinas < em>Kabupaten < em>Batu Bara masuk dalam < em>kategori < em>KURANG < em>BAIK < em>C< em> ; b Dari sembilan unsur pelayanan yang diukur < em>hanya < em>terdapat < em>dua < em>unsur pelayanan yang menunjukan kategori BAIK yakni di unsur < em>kompetensi petugas dan < em>unsur perilkau petugas< em> Sedangkan tujuh < em> < em>7< em> unsur lainnya yang menunjukan kategori < em>KURANG < em>BAIK diantaranya yakni unsur persyaratan pelayanan prosedur pelayanan waktu penyelesaian pelayanan produk spesifikasi pelayanan dan < em>sarana dan prasarana< em>: c bahwa persepsi masyarakat yang ada dalam survei kepuasan masyarakat di < em>Kabupaten Batu Bara < em>ini merupakan sebuah respon dari reaksi yang diungkapkan sebagai bentuk masukan< em> maupun kritik < em>yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang ada di Kabupaten < em>Batu Bara< em> < em>< p>
