ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN BATU BARA SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jss.v13i1.12836Keywords:
Kepuasaan, Pelayanan, Masyarakat, Batu Bara, PublikAbstract
Tujuan utama dari survei ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat kepuasan masyarakat Batu Bara terhadap kualitas pelayanan yang ada di setiap Dinas di Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai analisis kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik di setiap Dinas yang ada di Kabupaten Batu Bara. Untuk menganalisis nilai Survei Kepuasan Masyarakat dihitung dengan menggunakan "nilai rata-rata tertimbang" masing-masing unsur pelayanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat diketahui sebesar 73,64%. Indeks ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang ada di Dinas-Dinas Kabupaten Batu Bara masuk dalam kategori “KURANG BAIK”(C); (b) Dari sembilan unsur pelayanan yang diukur, hanya terdapat dua unsur pelayanan yang menunjukan kategori “BAIK” yakni di unsur kompetensi petugas dan unsur perilkau petugas. Sedangkan tujuh (7) unsur lainnya yang menunjukan kategori “KURANG BAIK”, diantaranya yakni unsur persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, produk spesifikasi pelayanan, dan sarana dan prasarana: (c) bahwa persepsi masyarakat yang ada dalam survei kepuasan masyarakat di Kabupaten Batu Bara ini merupakan sebuah respon dari reaksi yang diungkapkan sebagai bentuk masukan, maupun kritik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang ada di Kabupaten Batu Bara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Social Science

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
