PSIKOANALISIS TOKOH SUZUHARA NAO DALAM DRAMA “MOTHER” KARYA SAKAMOTO YUJI
DOI:
https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2637Keywords:
Analisis Psikologi; Drama; Id; Ego; SuperegoAbstract
Drama adalah bentuk seni yang bercerita melalui percakapan dan tindakan tokoh-tokohnya yang berdasarkan atas konflik batin dan dapat dipentaskan. Drama Mother adalah drama dari negara Jepang yang ditayangkan pada tanggal 14 April 2010 – 23 Juni 2010, drama ini menceritakan tentang tokoh Suzuhara Nao yang ingin menyelamatkan Michiki Rena dari siksaan ibu kandungnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan unsur intrinsik yang meliputi tema, tokoh-penokohan dan juga mendeskripsikan struktur kepribadian Suzuhara Nao dengan menggunakan teori psikologi sastra milik Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan teknik analisis data yang menggunakan metode dramatik. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Suzuhara Nao memiliki kepribadian yang dingin, pendiam, dan keras kepala. Dan analisis psikologi yang dimilikinya yaitu memiliki kedudukan id, ego dan superego yang seimbang.
References
Alwisol. 2014. Psikologi Keperibadian.
Malang: Universitas Muhammadiyah Malang PRESS.
Alwisol. 2017. Psikologi Keperibadian.
Malang: Universitas Muhammadiyah Malang PRESS.
Aminuddin. 2004. 1987. Pengantar
Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi
Penelitian. Yogyakarta : Bina Aksara
Atkinson , Rita L, et al. 1996. Pengantar
Psikologi I, Jakarta: Edisi Kedelapan Erlangga.
Bogdan, & Taylor. 1975. Metodologi
Penelitian Kualitatif.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metode
Penelitian Psikologi Sastra: Teori, Langkah, dan Penerapannya. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi
Penelitian Sastra: Epistemologi, Model,Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Hosang N., Toliwongi M., and Lensun S.
“Literary Sociology of Kobayashi Sosaku In Novel Madogiwa No Tottochan” International conference on social science 2019. Atlantis Press, 2019.
Jabrohim. 2003. Metodologi Penelitian
Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Wijaya.
Kenny, William. 1966. How to Analyze
Fiction. New York: Monarch Press.
Minderop, Albertine. 2018. Psikologi
Sastra : karya Sastra, Metode Teori dan Contoh kasus. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Pandi H., Sompotan A., and Raikan S.
“An Analysis of Educational Values In The Novel Madogiwa No Totto-Chan By Tetsuko Kuroyanagi” International conference on social science 2019 (ICSS 2019). Atlantis Press, 2019.
Ratu A., Katuuk K., Polii I. 2020.
“Semiotika Perubahan Sikap Tokoh Annelies dalam Film “Bumi Manusia” Karya Hanung Bramantyo.” Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado 2020. Unima, 2020.
Santrock, John W. 1988. Psychology:
Introduction. Iowa, WB.
Sumampuow R., Masoko M., and Lensun S. “Humanistic Psychology
Analysis In Novel Madogiwa No Tottochan” International conference on social science 2019 (ICSS 2019). Atlantis Press, 2019.
Suwarsono V., Pangemanan N., dan
Meruntu O. 2020. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendow” dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah” Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado 2020. Unima, 2020.
Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra.
Jakarta: Pustaka Jaya.
Wellek, Rene dan Austin Wareen. 1973.
Tori Kesusastraan. Jakarta : Gramedia.
Situs website:
https://asianwiki.com/Mother_(NTV-2010-Japanese_Drama) (diakses pada 5 januari 2020)
https://www.dramanote.com/article/146548057.html?seesaa_related=category (diakses pada 7 Desember 2021)