PENGAJARAN LUKISAN CAT AIR DALAM PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS UNTUK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BOLAANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
DOI:
https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2639Keywords:
Penerapan Metode Ekpresi BebasAbstract
Teknik dengan artikulasi bebas pada dasarnya adalah sebuah pendekatan
untuk membantu siswa memiliki pilihan untuk menumpahkan ide
mereka sebagai karya. Cara penyelesaian komposisi yang paling umum menggunakan media cat air di kelas 9 SMP N 1 Bolaang beberapa siswa tidak memiliki media tersebut, mereka hanya memiliki pensil warna dan spidol sehingga karya mereka tidak ideal, karena mereka tidak dapat mengatur harga media cat air yang mahal dan tidak memahami metode atau cara penggunaan media cat air. Perkembangan seni lukis dengan menggunakan strategi dengan harapan dapat saling melengkapi dengan media cat air, siswa ditawari kesempatan untuk menggunakan alat mekanik seperti ponsel dengan mencari motivasi, pengalaman yang lebih luas tentang pengerjaan dan contoh karya seni untuk dikerjakan di lapangan. Mempersiapkan dan memberdayakan siswa adalah salah satu cara bagi siswa untuk memiliki pilihan untuk mengembangkan pemikiran dan inovasi mereka dan memiliki pilihan untuk menerapkan media yang digunakan dalam melukis, khususnya media cat air, siswa lebih memahami warna dalam melukis. Keinovatifan siswa dalam melukis dengan media cat air memiliki kualitas, pemikiran berbagai kemampuan penalaran, meskipun dalam melukis dengan cat air mereka mengalami kendala, hambatan yang dialami siswa tidak dapat menangani permukaan dan atribut materi. lebih jauh lagi, membuat pekerjaan mereka menjadi kotor dan berantakan.
References
Ismiyanto, Pc. 2003. Metode Penelitian. Buku Ajar Tertulis. UNNES
Napsirudin dkk. 1996. Pelajaran Pendidikan Seni. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
Rantung Ruly. 2021. LIMBAH SERBUK GERGAJI SEBAGAI MEDIA MEMBUAT PATUNG. Jurnal
Tumurang. 2009. Pembelajaran Kreatifitas Seni Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas