PERSEPSI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FBS UNIVERSITAS NEGERI MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2642Keywords:
Persepsi; Perkuliahan Daring; Covid-19.Abstract
Perkuliahan online atau yang biasa disebut daring merupakan salah satu bentuk pemanfaatan internet yang dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam proses pembelajaran. Analisis deskriptif pada penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa Prodi Pend. Bahasa Jepang FBS UNIMA mengenai model pembelajaran daring terkait pemanfaatan media, gaya belajar, dan jenis komunikasi tertentu yang digemari mahasiswa untuk membantu mereka menghasilkan output yang lebih baik dari kegiatan belajar mengajar secara daring. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 165 mahasiswa Prodi Pend. Bahasa Jepang FBS UNIMA yang telah terlibat dalam pembelajaran daring selama masa karantina Covid-19. Hasilnya didapatkan bahwa media pembelajaran daring yang paling digemari ialah whatsapp dan Google Classroom. Sebesar 53% dari mahasiswa Prodi Pend. Bahasa Jepang FBS UNIMA sudah mengenal berbagai media pembelajaran daring tersebut sebelum perkuliahan daring dimulai. Selain itu, pola komunikasi yang paling diminati oleh mahasiswa ialah pola semi dua arah. Diperlukan adanya penelitian lebih lanjut terhadap penelitian pembelajaran daring dengan berbasis masalah, kolaboratif, dan model lainnya.
References
Purmadi Ary, dkk Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan HybriD Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan, karya Tulis 2018.
Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.
He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century. Journal of Information Systems Education.
Huda, M., Maseleno, A., Teh, K. S., Don, A. G., Basiron, B., Jasmi, K. A., Ahmad, R. (2018). Understanding Modern Learning Environment (MLE) in Big Data Era . International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET).
Holland, A. A. (2019). Effective principles of informal online learning design: A theory building metasynthesis of qualitative research. Computers & Education.
Isman, M. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring).
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan solusiproyeksi. LP2M.
Kementerian kesehatan RI. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-n-c0v). Direktorat jenderal kefarmasian dan alat kesehatan
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan
Universitas Indonesia
Mnyanyi, C. B. F., & Mbwette, T. S. A. (2009) ‘Open and Distance Learning in Developing Countries: The Past, The Present and The Future’, Open University of Tanzania: Dares salaam. Retrieved from Retrieved on 16 June 2020 from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary?
Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R., & Sindhi, S. (2018). Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications . Journal of Global Information Technology Management.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19 Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research.
Riyanda, A. R, Herlina, K. Wicaksono, A. B (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora.
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa
Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 112.
Singh, G., ’donoghue, J. O., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On
Higher Education. Journal of University Teaching & Learning Practice.
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu
Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia Metalingua.
Thamarana, S. (2016). ‘Role of E-learning and Virtual Learning Environment in English
language learning Role of E-learning and Virtual Learning Environment in English’.
Research Scholar.
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar.
Zhafira, N. H. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana
Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.
S.Alam, & L.Jackson. (2013). A Case Study : Are Traditional Face-To-Face Lectures Still
Relevant When Teaching Engineering Courses ? vol. 3, no. 4
Iskandar (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Prodi pendidikan
bahasa Jepang FBS UNIMA. Jurnal Dedikasi Pendidikan.
Penerapan Sistem Pembelajaran Daring.... (Iskandar, Masthura, & Oktaviyana, 2020)
Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 4, No. 2, Juli 2020 323-332 http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.
Oktafia Ika Handarini dan Siti Sri Wulandari Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From
Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap Jurnal
Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020.