PERSEPSI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FBS UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2642

Keywords:

Persepsi; Perkuliahan Daring; Covid-19.

Abstract

Perkuliahan online atau yang biasa disebut daring merupakan salah satu bentuk pemanfaatan internet yang dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam proses pembelajaran Analisis deskriptif pada penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa Prodi Pend Bahasa Jepang FBS UNIMA mengenai model pembelajaran daring terkait pemanfaatan media gaya belajar dan jenis komunikasi tertentu yang digemari mahasiswa untuk membantu mereka menghasilkan output yang lebih baik dari kegiatan belajar mengajar secara daring Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 165 mahasiswa Prodi Pend Bahasa Jepang FBS UNIMA yang telah terlibat dalam pembelajaran daring selama masa karantina Covid 19 Hasilnya didapatkan bahwa media pembelajaran daring yang paling digemari ialah whatsapp dan Google Classroom Sebesar 53 dari mahasiswa Prodi Pend Bahasa Jepang FBS UNIMA sudah mengenal berbagai media pembelajaran daring tersebut sebelum perkuliahan daring dimulai Selain itu pola komunikasi yang paling diminati oleh mahasiswa ialah pola semi dua arah Diperlukan adanya penelitian lebih lanjut terhadap penelitian pembelajaran daring dengan berbasis masalah kolaboratif dan model lainnya < p>

References

Purmadi Ary dkk Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan HybriD Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan karya Tulis 2018

Darmalaksana W Hambali R Masrur A Muhlas M 2020 Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid 19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21 Karya Tulis Ilmiah KTI Masa Work From Home WFH Covid 19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1 12

He W Xu G Kruck S 2014 Online IS Education for the 21st Century Journal of Information Systems Education

Huda M Maseleno A Teh K S Don A G Basiron B Jasmi K A Ahmad R 2018 Understanding Modern Learning Environment MLE in Big Data Era International Journal of Emerging Technologies in Learning IJET

Holland A A 2019 Effective principles of informal online learning design: A theory building metasynthesis of qualitative research Computers Education

Isman M 2016 Pembelajaran Moda Dalam Jaringan Moda Daring

Jamaluddin D Ratnasih T Gunawan H Paujiah E 2020 Pembelajaran daring masa pandemik Covid 19 pada calon guru: hambatan solusiproyeksi LP2M

Kementerian kesehatan RI 2020 Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus 2019 n c0v Direktorat jenderal kefarmasian dan alat kesehatan

Nurhasanah S Sobandi A 2016 Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran JPManper 1 1 128 135

Mona N 2020 Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Jurnal Sosial Humaniora Terapan

Universitas Indonesia

Mnyanyi C B F Mbwette T S A 2009 Open and Distance Learning in Developing Countries: The Past The Present and The Future Open University of Tanzania: Dares salaam Retrieved from Retrieved on 16 June 2020 from http: citeseerx ist psu edu viewdoc summary?

Palvia S Aeron P Gupta P Mahapatra D Parida R Rosner R Sindhi S 2018 Online Education: Worldwide Status Challenges Trends and Implications Journal of Global Information Technology Management

Pakpahan R Fitriani Y 2020 Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid 19 Journal of Information System Applied Management Accounting and Research

Riyanda A R Herlina K Wicaksono A B 2020 Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas

Lampung Jurnal IKRA ITH Humaniora

Rusdiana E Nugroho A 2020 Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa

Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA Integralistik 31 1 112

Singh G donoghue J O Worton H 2005 A Study Into The Effects Of eLearning On

Higher Education Journal of University Teaching Learning Practice

Syarifudin A S 2020 Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu

Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing Jurnal Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia Metalingua

Thamarana S 2016 Role of E learning and Virtual Learning Environment in English

language learning Role of E learning and Virtual Learning Environment in English

Research Scholar

Yanti M T Kuntarto E Kurniawan A R 2020 Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar

Zhafira N H 2020 Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana

Pembelajaran Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen

S Alam L Jackson 2013 A Case Study : Are Traditional Face To Face Lectures Still

Relevant When Teaching Engineering Courses ? vol 3 no 4

Iskandar 2020 Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Prodi pendidikan

bahasa Jepang FBS UNIMA Jurnal Dedikasi Pendidikan

Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Iskandar Masthura Oktaviyana 2020

Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 4 No 2 Juli 2020 323 332 http: jurnal abulyatama ac id index php dedikasi

Oktafia Ika Handarini dan Siti Sri Wulandari Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From

Home SFH Selama Pandemi Covid 19 https: journal unesa ac id index php jpap Jurnal

Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP Volume 8 Nomor 3 2020

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

PERSEPSI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FBS UNIVERSITAS NEGERI MANADO. (2022). SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 225 235. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2642