THE USE OF PICTURE CARD MEDIA TO IMPROVE 12TH GRADE STUDENTS MASTERY OF GERMAN VOCABULARY

Authors

  • Junita G. Belangkaehe Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Soflies M. E. Bingku Manado State University image/svg+xml
  • Prilimercy E. Kojongian Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v3i3.8014

Keywords:

Learning, Learning Media, Language Games, Picture card media

Abstract

The present study aims at describing the use of picture card media to improve 12th< sup> grade students mastery of German vocabulary This Classroom Action Research CAR is conducted at SMA Negeri 1 Tamako in June to August 2023 The methods used to collect research data are class observations interviews and tests This action research uses a qualitative descriptive data analysis methodology which is carried out in two cycles each cycle includes planning implementing actions observing and reflecting The findings show that the use of picture card media can improve 12th< sup> grade students mastery of German vocabulary The increase in student activity can be seen from the average pre action activity score of 34 61 cycle I was 3 33 and cycle II was 3 11 of the maximum score The percentage increase in student activity from pre action to cycle I was 47 66 then the percentage increase again from cycle I to cycle II was 7 88 So the average increase in student activity scores was 9 68 < p>

References

Agus M Rimang S S Badji I R 2021 Permainan Bahasa Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Agustina A Syahrul S Atmazaki A 2017 Kekerasan Verbal dalam Pilkada DKI Jakarta: Kajian Sosio Pragmatik Wacana Project Report FBS UNP Padang Retrieved from http: repository unp ac id id eprint 16404

Amini N Suyadi S 2020 Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9 2 119 129

Amini N Suyadi S 2020 Media Picture Word Cards in Improving Early Childhood Vocabulary Skills PAUDIA: Journal of Research in the Field of Early Childhood Education 9 2 119 129

Angreany F Saud S 2017 Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 1 2 138 146

Arsyad A 2003 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Busyaeri A Udin T Zaenudin A 2016 Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3 1 https: doi org 10 24235 al ibtida snj v3i1 584

Fahruddin F Rachmayani I Astini B N Safitri N 2022 Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Journal of Classroom Action Research 4 1 49 53

Farah D L 2019 Pengaruh Penggunaan Kamus Elektronik E Dictionary Tematik Bergambar Pemrograman Visual Basic 6 0 Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang pada siswa kelas X SMK Negeri Prigen Tahun Ajaran 2018 2019 Hikari 3 1 1 11

Fitriani E 2019 Pengembangan Instrument Assessment Hots High Order Thinking Skill pada Mata PelajaraN IPS Terintegrasi Nilai Nilai Pembangunan Karakter Kelas V SD MI dI Bandar Lampung Skripsi UIN Raden Intan Lampung Retrieved from http: repository radenintan ac id 6566 1 Skripsi 20Full pdf

Jannah M Hasmawati H 2017 Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra 1 1 12 17

Latifah I Watini S 2022 Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh PJJ pada TKIT Al Hikmah JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 2 602 606 https: doi org 10 54371 jiip v5i2 463

Maesaroh R 2007 Studi Perbandingan Prestasi Belajar Ilmu Ekonomi antara yang Pembelajarannya Menggunakan Media Grafis dan Media Model pada Siswa Kelas di SMP Negeri 3 Karanganyar dan SMP Negeri i Jaten Tahun ajaran 2006 2007 Skripsi Universitas Sebelas Maret

Murwani Budiman Tampubolon Ngatiyo 2013 Peningkatan Hasil Belajar Menulis Karangan Sederhana pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Media Gambar Seri di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa JPPK 2 6

Nur A Z 2017 Efektivitas Penggunaan Metode Pengajaran Dalam Proses Pembelajaran Jurnal Al Ibrah 6 1

Prihatini E 2017 Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 7 2 https: doi org 10 30998 formatif v7i2 1831

Rahmat P S Heryani T 2014 Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosakata Jurnal Pendidikan Usia Dini 8 1 101 110

Rahmawati R 2019 Pengaruh Penggunaan Media Word Wall terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar Skripsi Universitas Hasanuddin Retrived from http: repository unhas ac id:443 id eprint 2790

Ramdhan M 2021 Metode penelitian Cipta Media Nusantara

Rizal S U Maharani I N Ramadhan M N Rizqiawan D W Abdurachman J Damayanti D 2016 Media pembelajaran Retrieved from http: digilib iain palangkaraya ac id 4310 1 Ebook 20Media 20Pembelajaran pdf

Saetban A A Selly A Obisuru A Lelan Y Beli S A Djou A M 2023 Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pengenalan Model Model Dalam Tahapan Penelitian Tindakan Kelas di SMK Negeri Kokar Indonesian Collaboration Journal of Community Services 3 1 80 86 https: doi org 10 53067 icjcs v3i1 111

Sholiha F Pujosusanto A 2021 Analisis Materi Pembelajaran Bahasa Jerman Pada Buku Deutsch Ist Einfach Kelas XII Untuk Keterampilan Membaca LATERNE 10 03 15 29 https: doi org 10 26740 lat v10n03 p15 29

Sofiatin S 2019 Hubungan Penguasaan Kosakata Dan Penguasaan Kalimat Efektif Dengan Keterampilan Menuli Esai Siswa Kelas XII SMA Negeri Cigudeg Bogor Jurnal Lingua 1 1 74 89

Sudjana N 2005 Dasar Dasar Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suleiman A H 1985 Media Audio Visual Untuk Pengajaran Penerangan dan Penyuluhan Jakarta: PT Gramedia

Suliadi F Tampubolon B 2014 Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Ipa Dengan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Kelas II Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa JPPK 3 12

Susanti 2007 Efektivitas Teknik Permainan Mencocokkan Kata Dan Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Prancis Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia Retrieved from http: repository upi edu id eprint 101470

Tarigan H G 1993 Pengajaran Kosakata Bandung: Angkasa

Trisyani R A Ga M 2022 Implementation of Task Assignment Method in Stamping Activity Using Frangipani Stem Media to Enhance Creativity in Children of Group B At Kampung Baru Public Kindergarten Early Childhood Education Development and Studies ECEDS 3 1 45 48

Unsi B T 2014 Picture Media in Arabic Vocabulary Learning Taf qquh: Journal of Islamic Research and Studies 2 1 26 44 https: doi org 10 52431 tafaqquh v2i1 18

Usman A 2017 Penggunaan Media Petak Umpet Kosakata dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas X Bahasa Man Bangkalan Laterne 6 1 https: doi org 10 26740 lat v6n1 p 25p

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

THE USE OF PICTURE CARD MEDIA TO IMPROVE 12TH GRADE STUDENTS MASTERY OF GERMAN VOCABULARY. (2024). SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 3(3), 861 869. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v3i3.8014