ANALISIS DAYA DUKUNG TANAH DASAR PADA KERUSAKAN PERKERASAN JALAN STUDI KASUS JALAN SD IMPRES KELURAHAN KINALI KABUPATEN MINAHASA PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Mekri Tri Alfried Balanda Prodi Teknik Sipil UNIMA
  • N.A.R.A Mamarimbing Prodi Teknik Sipil UNIMA
  • Titof Tulaka Prodi Teknik Sipil UNIMA
  • Rocky Franky Roring Prodi Teknik Sipil UNIMA

Keywords:

Daya Dukung Tanah, Kerusakan Perkerasan Jalan

Abstract

Jalan merupakan akses utama untuk kelancaran lalu lintas disuatu daerah, seiring berjalannya
waktu
tingkat volume kendaraan setiap
tahunnya
meningkat
yang
berdampak
pada kerusakan jalannyang terjadijpada jalan SD Impres Kelurahan Kinali, Kabupaten
Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Kerusakan jalan diakibatkan oleh beberapa faktor salah
satunya daya dukung tanah dari jalan itu sendiri. Oleh karena itu dilakukan pemeriksaan batas
angkut tanah pada jalan SD Impres Kinali yang meliputi perhitungan kerusakan jalan dengan
teknik PCI dan pengujian CBR pusat penelitian.
Adapun data yang
penelitian ini adalah data sekunder
diperlukan dalam
dan data primer yang didapat dari lokasi jalan tersebut.
Dari hasil perhitungan kerusakan jalan menggunakan metode PCI didapatkan hasil yaitu 31%
yang menunjukan bahwa kondisi jalan tersebut berada pada kategori buruk (poor). Sedang dari
hasil pengujian CBR8laboratorium didapatkan hasil 8% yang dikategorikan s ebagai
tanah dengan kualitas buruk-normal. Pengujinan PI mendapatkan hasil yaitu 16,5 yang
menujukan bahwa jenis tanah tersebut adalah berlempung. Kerusakan perkerasan jalan juga
diakibatkan oleh tebal lapis perkerasan yang tidak sesuai dengan beban kendaraan yang
melintas. perhitungan tebal lapis perkerasan menggunakan Metode Analisa Komponen SKBI
1987 Bina Marga mendapatkan hasil yaitu LPB 14 cm, LPA 20 cm, dan laston 5 cm. Sedangkan
data tebal perkerasan dilapangan adalah LPB 16 cm, LPA 12 cm, dan laston 4 cm. Data lalu
lintas harian menujukan bahwa jenis kendaraan yang melintasi jalan tersebut sudah melebihi
batas standar beban menurut kelas jalan. Batas standar beban 8 ton, sedangkan kendaraan yang
melintas setiap harinya adalah truk dengan berat lebih dari 8 ton.

Downloads

Published

2024-09-22

How to Cite

Mekri Tri Alfried Balanda, N.A.R.A Mamarimbing, Titof Tulaka, & Rocky Franky Roring. (2024). ANALISIS DAYA DUKUNG TANAH DASAR PADA KERUSAKAN PERKERASAN JALAN STUDI KASUS JALAN SD IMPRES KELURAHAN KINALI KABUPATEN MINAHASA PROVINSI SULAWESI UTARA. Sustainable Construction (SUSCON), 2(1), 1-11. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/suscon/article/view/10265

Issue

Section

Articles