Implementasi Inkuiri Terbimbing Secara Daring Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI MIA Di SMA Negeri 1 Tondano

Authors

Keywords:

inkuiri terbimbing, hasil belajar siswa, konvensional

Abstract

ABSTRAK < strong>< p>

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing secara daring pada materi sistem peredaran darah dalam meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan 2 subjek penelitian yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Tondano tahun pelajaran 2020 2021 Teknik pengumpulan data diperoleh dari pre test dan posttest kelas eksperimen pretest dan posttes kelas kontrol Dari uji normalitas diperoleh data yang berdistribusi normal dan rata rata keseluruhan nilai n gain pada pretest dan post test untuk kelas Kontrol adalah 65 79 dan kelas eksperimen adalah 75 22 Hasil analisis data dengan tingkat signifikansi 0 05 diperoleh t_hitung = 5 9048 lt;t_tabel = 1 711 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah karena hasil belajar siswa dengan model inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional < p>

nbsp;< p>

nbsp;< em>< p>

nbsp;< em>< p>

nbsp;< em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

The < em>research to < em>determine the effect of applying < em>the < em>online guided inquiry on circulatory system < em>topic < em>to< em> improving< em> outcomes< em> learning This research used a quasi experimental design with 2 subjects< em> < em>namely class XI MIA 1 as the experimental class and class XI MIA 3 as the control class at SMA Negeri 1 Tondano< em> 2020 2021 year academic< em> Data collection techniques from the pre< em> < em>test and post< em> < em>test experimental class pre< em> < em>test and post< em> < em>test control class From the normality test data were normally distributed and the overall average n gain value at the pre< em> < em>test and posttest for the control class was 65 79 and the experimental class was 75 22 The results of data analysis with a significance level of 0 0< em>5< em> obtained t count = 5 9048 lt;t table = 1 711 < em> Based on these results it can be concluded that the guided inquiry model can improve student learning outcomes on the circulatory system material because student learning outcomes with guided inquiry models are higher than student learning outcomes using conventional learning models < em>< p>

References

Downloads

Published

2021-01-27