Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-loyalty Pada Weverse Shop di Indonesia Melalui E-Satisfaction Dalam Mendukung SDGs

Authors

  • Shania Lie Pradita University
  • Harlis Setiyowati Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.53682/mk.v5i1.8404

Keywords:

e-service quality, e-satisfaction, e-loyalty, sdgs

Abstract

Weverse shop merupakan aplikasi asal untuk membeli merchandise K-Pop resmi bagi penggemar yang didirikan tahun 2019 dan berada di bawah naungan Hybe Corporation di Korea Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction pada Weverse Shop di Indonesia periode Januari 2020-2022. Penelitian ini menggunakan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan teknik Partial Least Square (PLS). Responden yang terlibat adalah 128 responden yang berkriteria telah melakukan pembelian melalui Weverse Shop minimal tiga kali dalam satu tahun. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pada e-service quality yang baik meningkatkan juga e-satisfaction yang menyebabkan timbulnya e-loyalty konsumen terhadap Weverse Shop di Indonesia dan hal ini berkontribusi bagi terlaksananya tujuan pembangunan berkelanjutan, diantaranya relevan dalam mendukung tujuan SDG 1 (tidak ada kemiskinan), tujuan SDG 8 (pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi) dimana Weverse shop dapat memberikan peluang ekonomi kepada perorangan maupun UMKM di Indonesia dengan membuat kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan dan turut serta dalam perdagangan elektronik, serta relevan dalam mendukung tujuan SDG 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur) dengan menggunakan internet sebagai pendukung untuk membuat inovasi.

 

Weverse Shop is an application for purchasing official K-Pop merchandise for fans, established in 2019 and operating under the umbrella of Hybe Corporation in South Korea. This research aims to investigate the influence of e-service quality on e-loyalty through e-satisfaction on Weverse Shop in Indonesia during the period from January 2020 to 2022. The study employs an ex post facto design with a quantitative approach and utilizes the Partial Least Square (PLS) technique. The participants in this study are 128 respondents who meet the criteria of having made purchases through Weverse Shop at least three times within one year. The findings indicate that improvements in good e-service quality also enhance e-satisfaction, leading to the emergence of consumer e-loyalty towards Weverse Shop in Indonesia. This contributes to the achievement of sustainable development goals, particularly supporting SDG 1 (no poverty), and SDG 8 (decent work and economic growth) by providing economic opportunities to individuals and SMEs in Indonesia, creating employment opportunities, and participating in electronic commerce. Additionally, it aligns with SDG 9 (industry, innovation, and infrastructure) by utilizing the internet as a support for innovation.

References

Bappenas. (2020). Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) (V. et al. Yulaswati, Ed.; 3rd ed.). Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Bulkia, S., Ratnawati, T., & Pristiana, U. (2023). Harmonization of Business Practices with SDGs: Linking Macroeconomic Influence, Disclosure of CSR, Sharia Business Risks on Company Value with Female Directors. Journal of Law and Sustainable Development, 11(12), 1-25.

Hidayah, F. E., & Suryadi, N. (2021). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Loyalty Melalui E-Satisfaction pada Pengguna E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmiah Manajemen. 9(2), 1-17.

Kartikasari, H., & Sudrajat, A. (2022). Makna Pembelian Album Fisik Bagi Penggemar Budaya Pop Korea. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(3), 405–428.

Kartono, R. A., & Halilah, I. (2019). Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Seller di Bukalapak). Jurnal Politeknik Negeri Bandung. 10(1), 1204-1214. https://doi.org/10.35313/irwns.v10i1.1463

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.

Lestari, A. E., & Setiyowati, H. (2023). Analysis of Appropriate Marketing Strategies for Catfish Farming in Duren Mekar Subdistrict as a Contribution to Achieving SDGs for Poverty Alleviation and Increasing Welfare. Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 131-142. https://doi.org/10.53682/mk.v4i2.7773

Luthfina, S., & Irwansyah, I. (2020). Studi Fenomenologi: Penggunaan Aplikasi Weverse Shop oleh ARMY. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 324. https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3527

Magdalena, A., & Jaolis, F. (2018). Analisis antara E-Service Quality, E-Satisfaction, dan E-Loyalty dalam Konteks E-Commerce Bli Bli. Jurnal Strategi Pemasaran. 5(2),

Normanita, Hidajat Koerniawan, & Yogantari, M. V. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan Purchase Behavior terhadap Kepuasan Konsumen di Mediasi Loyalitas Konsumen Pengguna Game Online Mobile Legend Masa Normal Baru Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Komputer, 7, 445–454.

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) 7P di PD rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 7, 119–127. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i2.2669

Pradnyaswari, N. P. I., & Aksari, N. M. A. (2020). E-Satisfaction dan E-Trust Berperan dalam Memediasi Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Loyalty pada Situs E-Commerce Blibli.com. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2683. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p11

Prambors FM. (2021, February 8). Aplikasi Fandom K-Pop Weverse dan UNIVERSE Bikin Bete karena Layanan yang Kurang Puaskan Fans!

Prasmara, A. E., Rachma, N., & Primanto, A. B. (2020). Pengaruh Online Marketing dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Online Shop Khayrscraf. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(8), 29-45.

Purwati, T. E. (2015). Pengaruh Pesan Kampanye Terhadap Sikap Pengendara (Survey Eksplanatif Program “Parkir Meter” Dinas Perhubungan Kota Bekasi di Jl. Grand Galaxy City"). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Interstudi. Jakarta.

Puspita, A. M. D., Sudarmiatin, & Dhewi, T. S. (2022). The Effect of E-Service Quality on E-Customer Loyalty with E-WOM and Brand Image as Mediating Variables (Study on Shopee Food Consumers in Malang City). International Journal of Humanities Education and Social Sciences (IHJHESS), 2, 278–285. https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.233

Racbhini, W., Wulandjani, H., Thalib, S., Setiyowati, H., & Sasmito, T. (2021). Effect of E-CRM and E-Servqual on E-Loyalty through E-Satisfaction in Millennial Generation, Study of Online Shopping Behavior in Indonesia. International Journal Economic and Business Applied, 2(2), 76-90.

Rahman, S., Fadrul, F., Yusrizal, Y., Marlyna, R., & Momin, M. (2022). Improving the Satisfaction and Loyalty of Online Shopping Customers Based on E-Commerce Innovation and E-Service Quality. Gadjah Mada International Journal of Business, 24(1), 56–81. https://doi.org/10.22146/gamaijb.58783

Rintasari, D., & Farida, N. (2020). Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction (Studi Pada Pengguna Situs E-Commerce C2C Shopee Di Kabupaten Sleman). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4), 539-547. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28803

Riza, S., & Sutopo. (2017). Analisis Pengaruh E-Service Quality, Kualitas Informasi dan Persepsi Kemudahan terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 929-941.

Rizaty, M. A. (2021). Masyarakat RI Paling Banyak Gunakan Internet untuk Berkomunikasi.

Safitri, E. D., Pratiwi, N. M., & Maduwinarti, N. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM), Desain Produk, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Swarovski Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 7(2), 1-13

Salmah, N. N. A., Suhada, S., & Damayanti, R. (2021). Peran E-satisfaction dalam Memediasi Pengaruh E-service Quality Terhadap E-loyalty Pelanggan pada Toko Online Cilufio. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 132-140. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.191

Saragih, M. G. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui E-Satisfaction (Studi Pada Pelanggan Toko Online Shopee di Kota Medan). Jurnal Mantik Penusa, 3(1), 190-195.

Sativa, A., & Astuti, R. T. (2016). Analisis Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E-Commerce C2C Tokopedia). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Setiyowati, H., Nugroho, M., & Halik, A. (2022). Developing a Blue Economy in Depok West Java, Indonesia: Opportunities and Challenges of Neon Tetra Fish Cultivation. Sustainability, 14(20), 13028. https://doi.org/10.3390/su142013028

Setiyowati, H & Trisnawati, LPP. (2023). Penerapan Konsep Sustainable Finance: Model Analytical Hierarchy Process. Jurnal Politeknik LP3I JAKARTA, Lentera Akuntansi, Vol. 8, No.1, Hal. 141-155.

Setiyowati, H., Wulandjani, H., & Shafenty, S. (2018). Metodologi Penelitian Bidang Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Buku Ajar. https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202002759?type=copyright&keyword=EC00202002759.

Setiyowati, H., Wulandjani, H., & Shafenty, S. (2018). Manajemen Pemasaran, Buku Ajar. https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202002758?type=copyright&keyword=EC00202002758

Spotify. (2021, September 12). Celebrating 7 years of Spotify’s Flagship K-Pop Playlist, K-Pop Daebak.

Spotify. (2023). Apa itu Spotify?

Sutarsih, T., & Maharani, K. (2023). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik.

Sutisna, M. F. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Pada Website Lazada.co.id yang Dimediasi oleh Variabel E-Satisfaction (Studi Pada Konsumen Lazada di Indonesia). Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 6(2),

Sutopo, A., Arthiat, D. F., & Rahmi, U. A. (2014). Kajian Indikator Sustainable Development Goals (SDGs). A. Said & Budiati Indah, Eds.

Syabani, M. A. (2018). Pengaruh Electronic Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Traveloka). Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 7(2),

Tobagus, A. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pengguna Di Situs Tokopedia. Agora, 6(1).1-10

Wibawanto, A. (2018). Penggunaan Internet dalam Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 10(2), 191-214. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v10i2.1472

Wibowo, H. A. (2019). The Mediating Role of E-Satisfaction on the Effect of E-Service Quality Dimensions on E-Loyalty: A Lesson from Bukalapak.com Indonesia. Humanities and Social Sciences Letters, 7(4), 199–203. https://doi.org/10.18488/journal.73.2019.74.199.208

Widi, S. (2022). Daftar Agensi K-Pop Terkaya 2021, Posisi Pe rtama Menaungi BTS.

World Health Organization. (2018, February 19). Millennium Development Goals (MDGs).

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Lie, S., & Setiyowati, H. (2024). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-loyalty Pada Weverse Shop di Indonesia Melalui E-Satisfaction Dalam Mendukung SDGs. Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.53682/mk.v5i1.8404