Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Sikap, Minat Mahasiswa Terhadap Penggunaan Financial Technology (Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado)

Authors

  • Joseph Philip Kambey Universitas Negeri Manado
  • Hennij Lenny Suot Universitas Negeri Manado
  • Laurensia Yosinta Valentina Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/mk.v5i1.9011

Keywords:

Kemudahan, Kemanfaatan, Sikap, Minat, Penggunaan Financial Technology

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah kemudahan, kemanfaatan, sikap, minat berpengaruh positif terhadap penggunaan financial technology (studi kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan empiris. Informan penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Manajemen yang aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuisioner atau angket melalui Google Form. Penelitian ini menggunakan 100 sampel dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat bantu dalam menghitung dan menganalisis data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kemudahan, Kemanfaatan, Sikap, Minat studi kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Manado berpengaruh positif terhadap Penggunaan Financial Technology.

This study aims to determine, does Perceived ease of use, Perceived usefulness, Attitude, Intention to use Students have a positive effect of Financial Technology (Study Case of Departement Management, Faculty Economics and Business, Manado State University). The method used in this study is a collecting data method with and empirical approach. The informants of this study are students majoring in Management who are active in the Faculty of Economics and Business, Manado State University. Data collection techniques used by distributing questionnaires or questionnaires trough Google Form. This study used 100 samples with purposive sampling techniques. Tools for calculating and analyzing data using SPSS Version 26. The results of this study show that the Perceived ease of use, Perceived usefulness, Attitude, Intention to use Students of Financial Technology Study Case of Departement Management, Faculty Economics and Business, Manado State University have positive effect on the use of Financial Technology.

 

References

Ahmad., & Pambudi. B. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking BRI). Jurnal Studi Manajemen. 8(1), 2-11.

Ambarwati, D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa STIE AUB Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi. 6(1), 88-103.

Anisa, W. N., Rimadhani, N. A., Ifaa, K., & Astuti, Y. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan ShopeePay Sebagai Sarana Transaksi Pembayaran. Jurnal Ekonomi Sakti. 12(1), 89-99.

Antika, Z. R., Rusmana, O., & Widianingsih, R. (2023). Analysis Determinasi Minat dan Penggunaan Financial Technology Payment Menggunakan Theory of Planned Behavior: Studi pada Mahasiswa Unsoed (Analysis of Determination of Interest and Use of Financial technology Payment Using Theory of Planned Behavior: Studies on Unsoed Students). Jurnal Ilmu Siber dan Teknologi Digital (JISTED). Vol. 1, No.2, 111-124. https://doi.org/10.35912/jisted.v1i2.2097.

Damiati. 2017. Perilaku Konsumen. (Edisi Ke 1). Penerbit Rajawali Press. Jakarta.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. 13(3), 319-340

Devi, G. P., & Darma, E. S. (2022). Faktor-faktor yang Memengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada BMT di Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA). 1-14. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA.

Ferinaldy., Muslikh., & Nurul. H. (2019). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kendali Perilaku Dan Religiusitas Terhadap Intensi Menggunakan Uang Elektronik. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi. 11(2), 211-222.

Ghozali, Imam. (2014). Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariet Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Univeritas Diponegoro. Semarang.

Goodwin, Silver (2013). Perilaku Penggunaan Arsip, Studi Deskriptif pada Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat.

Hamzah, A. H. P., Kaligis, J. N., Yahya, S. R., Waoma, S., Samosir, H. E. S., Alfiana., & Nurhasanah. (2023). Pendampingan Pengembangan UMKM melalui Implementasi Financial Technology Era Society 5.0. Indonesian Journal of Community Research and Engagment. 4(2), 377-388.

Hanifah, T. R., & Mukhlis, I. (2022). Pengaruh Efektivitas, Hedonis, Kemanfaatan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa Universitas Negeri Malang Menggunakan Layanan ShopeePay: Pendekatan Technology Acceptance Model. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen). 7(2), 69-83.

Hartono, J. (2019). Kajian Literatur Dan Arah Topik Riset Ke Depan. Yogyakarta: CV. ANDI.

Hartono. (2014). Metododologi Penelitian Bisnis. BPFE.

Kawatu, F., Tumiwa, R., Mamuaya, N. C., & Rumagit, M. N. (2019). Institutional Financial Management Analysis in Manado State University (UNIMA). Internatinal Journal of Accounting & Finance in Asia Pacific. 2(1), 1-7.

Lutfiana, A. P., & Munari. (2021). Pengaruh Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Dan Subsidy Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology Pada E-Commerce. Equilibrium. 10 (1), 9-23.

Mamuaya, N. C., & Pandowo, A. (2020). Determinants of Customer Satisfaction and Its Implications on Word of Mouth in E-Commerce Industry: Case Study in Indonesia. Asia Pacific Journal of Management and Education. 16-27.

Manoppo, V., Mayangsari, R. F., & Suot, H. L. (2022). Pengaruh Perilaku Inovatif dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja pada Pegawai BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Tondano. E- Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. 9(2), 80-87.

Moniaga, V., Sumual, T. E. M., & Kumajas, L. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Niat Beli Produk Wardah Sebagai Kosmetik Halal Melalui Sikap Konsumen. Manajemen dan Kewirausahaan. 4(1), 67-80. https://doi.org/10.52682/ mk.v4i1.6789.

Noviyanti, A., Teguh, E., & Wardani, D. K. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Efektivitas Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus: UMKM Di Kabupaten Bantul) The Effect of Easy Perception, Trust, and Effectiveness on Interest Using Financial Technology (Fintech) (Case Study: SMEs in Bantul District). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia. 4(2), 65-74.

Nugroho, A. Y., & Rachmaniyah, F. (2019). Fenomena Perkembangan Crowdfunding di Indonesia.

Nurdin., Azizah, Winda. N., & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Perbankan dan Keuangan Syariah. 2(2), 199-222.

Nurhasanah, Siti dan A., Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Menejemen Perkantoran, 1(1). 128-135

Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/12/PBI/2017. Tentang Penyelenggaraan Finansial Teknologi.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan POJK Nomor. 13/2018. Tentang Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Pribadiono, Agus. (2016). Transportasi Online Vs Transportasi Tradisional Non-Online: Persaingan Tidak Sehat Aspek Pemanfaatan Aplikasi Oleh Penyelenggar Online. Lex Jurnalica. 13(2), 126-139.

Rachmat, Z., Pandowo, A., Rukmana, A. Y. dkk (2023). Digital Marketing and E-Commerce. Global Eksekutif Teknologi

Rifai, M. N. (2020). Konsep Fintech Lending Dalam Perspektif Maqasid Syari’ah. Islamic Economic Journal. 6(1), 101-122. http://dx.doi.org/10.21111/iej.v6i1.4591.

Rodiah, S., & Inaya. S. M. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-wallet Pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal Of Economic Education And Entrepreneurship. 1 (2), 66-80. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee.

Safitri, D.D., & Nur, D. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Pengguna Pada Minat Penggunaan Dompet Elektronik (OVO) Dalam Transaksi Keuangan. E-JRA. 9(5), 92-107

Saputra, S. M., & Nurjihadi, M. (2023). Sikap Mahasiswa dalam Adopsi Aplikasi Keuangan BRIMO dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknologi Informasi dan Rekayasa Komputer. 4(1), 18-24. http://bios.sinergis.org

Setiawan. A., Siti, R., & Kurniawan, P. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Risiko Terhadap Minat Dan Penggunaan Financial Technology (Fintech) Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah. 15(2), 35-48.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tiwow, G. M., Rawis, J. M., Tambiangon, H. N., & Kambey, J. P. (2023). How Information Technology Affects Decision Making. International Journal of Information Technology and Education. 2(2), 163-172.

Vanketesh, V. (2016). Determinants of Perceived Ease of Use: Integrating Control, Intrinsic, Motivation, and Emotion into the Technology Acceptance Model, Information Systems Research. 11(4), 342-365.

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet OVO di Depok. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 7(1), 54-63. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

Kambey, J. P., Suot, H. L., & Laurensia Yosinta Valentina. (2024). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Sikap, Minat Mahasiswa Terhadap Penggunaan Financial Technology (Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado). Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 45-60. https://doi.org/10.53682/mk.v5i1.9011