Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Pada SMA Negeri 8 Manado
DOI:
https://doi.org/10.53682/administro.v6i2.10615Keywords:
Implementasi Kebijakan, Kurikulum Merdeka Belajar, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan, menganalisis serta menginterprestasikan efektifitas implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 8 Manado. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 8 Manado sudah dilaksanakan dengan baik dan efektif, karena : 1) Implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar sudah melibatkan semua komponen sekolah; 2) Perancangan kurikulum operasional satuan pendidikan SMAN 8 Manado sudah berjalan dengan baik, melibatkan semua komponen yang ada di lingkungan sekolah dengan mengambil peran dan tanggung jawab masing-masing; 3) Berbagai kegiatan P5 dengan ragam tema yang telah dilakukan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, kemandirian, gotong royong, kebersamaan, kebhinnekaan global, kreativitas dan tanggung jawab, meskipun diakui bahwa masih ada kendala yang dihadapi; 4) Pendampingan minat dan bakat siswa bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan dengan baik sesuai kebutuhan; dan 5) Factor pendukung yaitu frekuensi sosialisasi yang begitu intens, pemberdayaan komunitas belajar, pengaktifan kegiatan MGMP sesuai rumpun bidang studi, keterlibatan BBPMP, BBGP dan stakeholder pemerintah daerah, sedangkan factor yang menghambat dari sisi penyediaan sarana prasarana yang masih perlu ditingkatkan lagi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reuni A. M. Sitorus, Abdul R. Dilapanga, Fitri H. Mamonto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.