Kinerja Aparatur Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Minahasa
DOI:
https://doi.org/10.53682/administro.v4i1.4692Keywords:
Kinerja, Aparatur Sipil Negara, PelayananAbstract
60< span>< span>< span>
Jurnal Administro Vol 4 No 1 pp 60 64< span>< span>
2022 IAN FIS UNIMA All right reserved< span>< span>
ISSN 2714 6413< span>< span>
Jurnal Administro< span>< span>
Jurnal Kajian Kebijakan dan Ilmu Administrasi Negara < span>< span>
URL: ejurnal unima ac id< span>< span>
e ISSN 2714 6421< span>< span>< span>< span>< span>
Kinerja Aparatur Badan Kepegawaian Dan Pengembangan< span>
Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Minahasa< span>< span>
Vivi Saroinsong< span>< span>
Universitas Negeri Manado Tondano Indonesia< span>< span>
vivisaroinsong@unima ac id< span>< span>< span>< span> < span>< span>< span>< span>< span>
I< span> N< span> F< span> O< span> A< span> R< span> T< span> I< span> K< span> E< span> L< span>< span>< span> A< span> B< span> S< span> T< span> R< span> A< span> C< span> T< span>< span>< span>
Key< span> word:< span>< span>
Performance< span> < span>State< span>
Civil Apparaturs< span> < span>
Service < span> < span>< span>
This< span> study< span> aims< span> to< span> determine < span> the process of< span> personnel performance and human< span>
resource development in Minahasa regency The method used in this research is a< span>
qualitative method Performance is often equated with performance which is< span>
understood as the result of a person s work or performance which is< span> determined< span>
by his ability and motivation to carry out work so the success or failure of services< span>
provided to the community is largely determined by the performance of the< span>
bureaucratic apparatus Researchers see a gap between expectations and reality < span>
wher< span>e the performance of the bureaucratic apparatus in the Personnel and Human< span>
Resources Development Agency in Minahasa Regency Because even though the< span>
employees in the BKPSDM contor have provided good service to every State Civil< span>
Apparatus who is taking care< span> of their needs such as promotion employee leave < span>
etc But it cannot be denied that in the BKPSDM office there are still frequent< span>
obstacles caused by these employees or ASN guests So it can be concluded that< span>
the performance of the apparatus must be eve< span>n more elevated so that it can become< span>
a benchmark or proposal for every State Civil Apparatus in the district Minahasa < span>< span>< span>< span>
INTISARI< span>< span>< span>
Kata kunci:< span> Kinerja< span> < span>
Aparatur Sipil Negara< span> < span>
Pelayanan< span> < span>< span>
Penelitian< span> ini< span> bertujuan< span> untuk< span> mengetahui < span>< span> proses< span> Kinerja< span> Aparatur< span> Badan< span>< span>
Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Minahasa < span>< span>
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif < span>< span>
Kinerja umumnya sering disamaartikan dengan performansi Performance yang< span>< span>
dip< span>< span>ahami sebagai hasil kerja ataupun penampilan kerja seseorang ditentukan oleh< span>< span>
kemampuan dan motivasinya untuk melaksanakan pekerjan jadi berhasil tidaknya< span>< span>
pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sangat ditentukan oleh kinerja para< span>< span>
aparat< span> birokrasi < span> Pene< span>< span>liti< span> melihat< span> adanya< span> kesenjangan< span> antara< span> harapan< span> dan< span>< span>
kenyataan dimana kinerja aparat birokrasi yang ada di Badan Kepegawaian Dan< span>< span>
Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Minahasa Karna walaupun< span>< span>
pegawai yang ada di kontor BKPSDM telah memberikan pelaya< span>< span>nan yang baik< span>< span>
kepada setiap Aparatur Sipil Negara yang sedang menggurus keperluannya seperti< span>< span>
kenaikan pangkat cuti pegawai dll Tapi tidak bisa di pungkiri lagi bahwa di< span>< span>
kantor BKPSDM masih sering terjadi hambatan< span>< span> < span>< span>hambatan yang di sebabkan oleh< span>< span>
pegawai a< span>< span>taupun ASN tamu tersebut < span>< span> Sehingga bisa disimpulkan< span>< span> bahwa Kinerja< span>< span>
Aparatur harus lebih lagi ditinggatkan agar dapat menjadi patokan atau ajuan setiap< span>< span>
Aparatur Sipil Negara yang berada di Kab Minahasa < span>< span>< p>
