Kinerja Aparatur Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Minahasa
DOI:
https://doi.org/10.53682/administro.v4i1.4692Keywords:
Kinerja, Aparatur Sipil Negara, PelayananAbstract
60
Jurnal Administro Vol 4, No 1, pp 60-64
© 2022 IAN FIS UNIMA. All right reserved
ISSN 2714-6413
Jurnal Administro
(Jurnal Kajian Kebijakan dan Ilmu Administrasi Negara)
URL: ejurnal.unima.ac.id
e-ISSN 2714-6421
Kinerja Aparatur Badan Kepegawaian Dan Pengembangan
Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Minahasa
Vivi Saroinsong
Universitas Negeri Manado, Tondano, Indonesia
vivisaroinsong@unima.ac.id *
I N F O A R T I K E L A B S T R A C T
Key word:
Performance ,State
Civil Apparaturs,
Service..
This study aims to determine, the process of personnel performance and human
resource development in Minahasa regency. The method used in this research is a
qualitative method. Performance is often equated with performance, which is
understood as the result of a person's work or performance which is determined
by his ability and motivation to carry out work, so the success or failure of services
provided to the community is largely determined by the performance of the
bureaucratic apparatus. Researchers see a gap between expectations and reality,
where the performance of the bureaucratic apparatus in the Personnel and Human
Resources Development Agency in Minahasa Regency. Because even though the
employees in the BKPSDM contor have provided good service to every State Civil
Apparatus who is taking care of their needs such as promotion, employee leave,
etc. But it cannot be denied that in the BKPSDM office there are still frequent
obstacles caused by these employees or ASN (guests). So it can be concluded that
the performance of the apparatus must be even more elevated so that it can become
a benchmark or proposal for every State Civil Apparatus in the district. Minahasa.
INTISARI
Kata kunci: Kinerja,
Aparatur Sipil Negara,
Pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, proses Kinerja Aparatur Badan
Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Minahasa.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Kinerja umumnya sering disamaartikan dengan performansi (Performance) yang
dipahami sebagai hasil kerja ataupun penampilan kerja seseorang ditentukan oleh
kemampuan dan motivasinya untuk melaksanakan pekerjan, jadi berhasil tidaknya
pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sangat ditentukan oleh kinerja para
aparat birokrasi. Peneliti melihat adanya kesenjangan antara harapan dan
kenyataan, dimana kinerja aparat birokrasi yang ada di Badan Kepegawaian Dan
Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Minahasa. Karna walaupun
pegawai yang ada di kontor BKPSDM telah memberikan pelayanan yang baik
kepada setiap Aparatur Sipil Negara yang sedang menggurus keperluannya seperti
kenaikan pangkat, cuti pegawai, dll. Tapi tidak bisa di pungkiri lagi bahwa di
kantor BKPSDM masih sering terjadi hambatan-hambatan yang di sebabkan oleh
pegawai ataupun ASN (tamu) tersebut. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Kinerja
Aparatur harus lebih lagi ditinggatkan agar dapat menjadi patokan atau ajuan setiap
Aparatur Sipil Negara yang berada di Kab. Minahasa.