Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Di SMA Negeri 1 Tabukan Utara
Keywords:
Metode pembelajaran problem based learning, hasil belajarAbstract
Aktivitas belajar terhadap siswa sangat ditentukan pada kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dalam menggunakan suatu model pembelajaran yang dipakai untuk proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh cara belajar guru terhadap siswa, dimana tidak adanya langkah-langkah pembelajaran yang tepat, tidak terarah, dan tidak konsisten. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu diguanakan suatu model pembelajaran yang memiliki langkah-langkah pembelajaran yang jelas. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tabukan Utara, dengan populasi kelas X dengan sampel kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumal 22 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan analisis uji T (uji hipotesis) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Perbandingan hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa kelas eksperimen dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 88,96 dan kelas kontrol sebesar 79,62, dengan perolehan t hitung sebesar 32,77 dan t tabel sebesar 2,00. Berdasarkan hasil perolehan data melalui penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem.