Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Melalui Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 6 Tondano
Keywords:
PTK, hasil belajar, pembelajaran daringAbstract
ABSTRAK
Pembelajaran daring di SMP Negeri 6 Tondano dinilai belum maksimal yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran daring dengan penerapan model pembelajaran accelerated learning siswa kelas VIII A di SMP Negeri 6 Tondano tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain model dari Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan subjek yang diteliti adalah siswa di kelas VIII A, sementara objek yang diteliti adalah model pembelajaran accelerated learning dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor 3,30 (siklus I) dan 3,74 (siklus II), termasuk kriteria baik, hasil berlajar siswa dengan penerapan accelerated learning meningkat dengan skor yaitu 73,22 menjadi 78,2 pada siklus I dan lebih meningkat menjadi 81,62 pada siklus II. Penerapan model accelerated learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.