Analisis Kemampuan Literasi Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Remboken Ditinjau Dari Penggunaan Soal-soal Biologi Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Authors

  • Febri Abua Universitas Negeri Manado
  • Revolson A Mege Universitas Negeri Manado
  • Meike Paat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kemampuan literasi biologi, siswa, HOTS

Abstract

ABSTRAK

          Pembelajaran abad 21 menuntut pendidikan yang mampu menghasilkan generasi yang dapat berliterasi sains. Hasil survei PISA menunjukan skors sains Indonesia berada pada peringkat 70 dari 78 negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Remboken ditinjau dari penggunaan soal-soal biologi tipe higher order thinking skills (HOTS). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Remboken dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel isidental. Peneliti menggunakan tes tertulis dan angket untuk mendapatkan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 siswa sebanyak 3 siswa berada pada predikat kemampuan literasi yang sangat baik dengan interval nilai 86-100%, sebanyak 17 siswa berada pada predikat baik dengan interval nilai 76-85%, sebanyak 9 siswa berada pada predikat cukup dengan interval nilai 60-75%, sebanyak tiga siswa berada pada predikat kurang dengan interval nilai 55-59%, dan sebanyak 3 siswa berada pada predikat yang kurang sekali dengan nilai ≤54. Literasi biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Remboken jika ditinjau dari penggunaan soal-soal biologi tipe HOTS berada pada predikat baik.

Downloads

Published

2022-08-19

Issue

Section

Articles