Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Advent Tanah Putih

Authors

  • Christika Yulita Sadondang Universitas Negeri Manado
  • Orbanus Naharia Universitas Negeri Manado
  • Utari Satiman Universitas Negeri Manado
  • Wiesye M.S. Nangoy Universitas Negeri Manado

Keywords:

Tipe connected, hasil belajar, PTK, SMA Advent Tanah Putih

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran terpadu tipe connected yaitu model pembelajaran terpadu yang secara sengaja menghubungkan satu konsep dengan konsep yang lain dan satu materi dengan materi lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Advent Tanah Putih. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi untuk pelaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa, tes untuk kompetensi kognitif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata hasil belajar materi ekosistem siswa kelas X MIPA SMA Advent Tanah Putih sebesar 68,67 dengan standar deviasi 12,17 pada siklus 1 meningkat menjadi 87,33 dengan standar deviasi 5,98 pada siklus 2. Penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Advent Tanah Putih.

 

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles