Pengembangan Multimedia Pembelajaran Biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) di SMA Negeri 1 Kotamobagu
Keywords:
Multimedia, pembelajaran biologi, problem based learningAbstract
Multimedia pembelajaran biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) pada materi sistem reproduksi telah dikembangkan, untuk melengkapi ketersediaan media pembelajaran biologi di sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menghasilkan serta mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran biologi berbasis PBL (Problem Based Learning). Prosedur pengembangan multimedia tersebut diadaptasi dari model Dick dan Carey yaitu model ADDIE yang terdiri atas: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari kedua validator masing-masing diperoleh skor 86,6% untuk ahli media dan 95,33% untuk ahli materi. Respon guru mata pelajaran dan siswa pada ujicoba pelaksanaan masing-masing dengan skor 96,66% dikategorikan sangat valid dan 90,4% dikategorikan sangat baik. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) di tingkat SMA layak digunakan sebagai media pembelajaran.