Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Manado

Authors

  • Violeta Battu Universitas Negeri Manado
  • Arrijani Universitas Negeri Manado
  • Jack Mamangkey Universitas Negeri Manado
  • Sukmarayu P Gedoan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Contextual teaching and learning, hasil belajar

Abstract

Proses pembelajaran yang mana metode atau model pembelajaran yang dipakai lebih banyak memakai model diskusi, model ceramah dan pemberian tugas atau pekerjaan rumah namun siswa jarang mempraktikan, yang membuat siswa kurang mampu menghubungkan konsep ilmiah yang dipelajari dengan kehidupan sesungguhnya. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini memadukan desain penelitian eksperimen dengan metodologi kuantitatif. Seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Manado menjadi populasi penelitian. 15 siswa dipilih sebagai kelompok eksperimen dan 15 sebagai kelompok kontrol untuk sampel penelitian. Nilai rerata siswa yang menggunakan model CTL sebesar 80 sedangkan nilai rerata yang menggunakan model konvensional sebesar 64. Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning di SMA Negeri 3 Manado dapat berdampak pada hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-10-31