Hambatan Terhadap Hasil Belajar Siswa Terkait Dengan Proses Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Kotamobagu
Keywords:
Belajar daring, hasil belajarAbstract
Siswa merasa kurang efektif ketika mengikuti pembelajaran daring yang disajikan oleh guru pelajaran biologi saat mereka sedang dalam situasi belajar dari jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 3 Kotamobagu. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan unsur penelitian korelasi. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara terhadap siswa kelas XI MIA 4 di SMA Negeri 3 Kotamobagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 32% siswa mengalami hambatan yang dapat dikategorikan sebagai sedang atau cukup menghambat dalam pembelajaran daring. Metode pembelajaran daring kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.