Hambatan Terhadap Hasil Belajar Siswa Terkait Dengan Proses Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Kotamobagu

Authors

  • Frankclin Joshua Larono Universitas Negeri Manado
  • Dientje F Pendong Universitas Negeri Manado
  • Mercy MF Rampengan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Belajar daring, hasil belajar

Abstract

Siswa merasa kurang efektif ketika mengikuti pembelajaran daring yang disajikan oleh guru pelajaran  biologi saat mereka  sedang dalam situasi belajar dari jarak jauh. Penelitian ini  bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 3 Kotamobagu. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan unsur penelitian korelasi. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara  terhadap siswa kelas XI MIA 4 di SMA Negeri 3 Kotamobagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 32% siswa mengalami hambatan yang dapat dikategorikan sebagai sedang atau cukup menghambat dalam pembelajaran daring. Metode pembelajaran daring kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-12