Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tondano
Keywords:
Hasil belajar, pemanfaatan laboratoriumAbstract
Laboratorium merupakan tempat membuktikan sesuatu yang sering dilakukan melalui suatu percobaan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan laboratorium untuk meningkatkan hasil belajar biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tondano. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan pada kelas Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Tondano pada tahun ajaran 2022/2023. Sebanyak 30 siswa kelas XI IPA 1 ditetapkan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tafsiran efektivitas N-gain kurang dari 76 efektif sedangkan 91%-100% dikategorikan sangat tertarik. Pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan efektivitas dan ketertarikan dalam pembelajaran biologi pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tondano.