Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Motoling Timur
Keywords:
Hasil belajar, STADAbstract
Tugas guru sebagai fasilitator dalam sistem pendidikan sangat erat kaitannya. Untuk memastikan bahwa siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui kegiatan belajar mereka, guru harus dapat menyediakan sumber daya yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Motoling Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif yang memakai kelompok kontrol desain pretest-posttest. Kelas VIII A dengan jumlah siswa 17 yang bertindak sebagai kelompok eksperimen dalam penelitian ini, dan kelas VIII B dengan jumlah siswa 17 yang bertindak sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa yang diajarkan memakai model pembelajaran STAD sebesar 84 sedangkan skor rata-rata siswa yang diajarkan memakai pendekatan ceramah sebesar 72. Model pembelajaran cooperative student team achievement divisions (STAD) lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada metode ceramah.