Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Katolik St. Ignatius Manado

Authors

  • Melinda G. Lengkong Universitas Negeri Manado
  • Jeffry O Lengkong Universitas Negeri Manado
  • Metilistina Sasinggala Universitas Negeri Manado

Keywords:

Jigsaw, hasil belajar

Abstract

Siswa tidak terbiasa mendiskusikan solusi masalah selama proses pembelajaran, kurangnya kerja sama antar siswa, guru makin berfokus kepada siswa yang aktif  menanggapi serta membagikan pertanyaan, siswa kurang aktif dalam berdiskusi dengan teman lainnya dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi masih rendah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA Katolik St Iganatius Manado pada tahun ajaran 2022/2023 dengan materi sistem pernapasan. Metode penelitian yang diaplikasikan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian the randomized pretest and posttest control group design. Spesimen di dalam penelitian tersebut  adalah siswa kelas XI IPA 1 yakni seluruhnya 15 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan XI IPA 2 yang berjumlah 15 orang sebagai kelas kontrol yang diajarkan secara umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest kelas eksperimen 84 dan kelas kontrol 68,3. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-16