Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di SMA N 1 Kauditan
Keywords:
Student teams achievement division, hasil belajarAbstract
Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) merupakan sistem pengajaran dimana memberi kesempatan bagi siswa untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya dalam tugas-tugas terstruktur. Pembelajaran kooperatif ini dikenal juga dengan pembelajaran kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kauditan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 3 yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus 1 yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 36%, sedangkan yang belum sebanyak 18 siswa atau 64% dan Siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 82%, sedangkan yang belum tuntas terdapat 5 siswa atau 18%. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.