PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI II TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri II Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus II, yaitu pada siklus I yang hanya mencapai 54, 62 % untuk aktivitas belajar siswa dan 62,22% untuk hasil belajar siswa, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa mencapai 90,27% dan hasil belajar siswa 93,61%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subtema Keberagaman Budaya Bangsaku melalui penerapan model Problem Based Learning memiliki dampak positif.