PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD GMIM KOYA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Number Heads Together (NHT).Penelitian yang di lakukan dengan mengunakan model pembelajaran Number heads Together. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD GMIM KOYA berjumlah 17 0rang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik presentase dan analisis menurut kategori tuntas dan belum tuntas melalui tes tertulis, interaksi siswa selama pembelajaran, serta sikap siswa dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menyatakan pada siklus 1 adalah 52% dan pada siklus II adalah 83% artinya berhasil dengan diterapkannya model pembelajaran Number Heads Together.Disarankan kepada guru SD dapat menerapkan model pembelajaran Number Heads Together untuk meningkatkan pembelajaran IPS sekolah dasar.