IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD INPRES KAKASKASEN II TOMOHON

Main Article Content

Jessica M. Sikape
Norma N. Monigir
Martinus M. Krowin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menyelidiki seberapa siap guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Inpres Kakaskasen II beserta dampaknya terhadap proses pembelajaran serta pencapaian hasil belajar siswa dalam pelaksanaan Kurikulum yang baru ini. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) Kesiapan dari guru merupakan hal yang penting dalam mengimpelementasi Kurikulum Merdeka, (2) Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka lebih menitikberatkan pada peserta didik, (3) Tidak semua guru memiliki kemampuan penggunaan teknologi, (4) Peran guru sangat penting dalam proses pengembangan sehingga guru dapat menciptakan keberhasilan dalam menerapkan kurikulum. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk teknik pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Kakaskasen II Tomohon, subyek penelitian guru kelas I, II, IV, V. Berdasarkan hasil observasi dan juga wawancara Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar telah dilaksanakan dengan optimal walaupun dalam pelaksanaanya masih ada kekurangan dan hambatan.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)