PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNUTUK MANIGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GMIM III TOMOHON

Main Article Content

Rischa l Manggopa

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD GMIM III Tomohon ada berbagai macam kesulitan yang ditemui kurangnya penguasaan materi yang disajikan oleh guru sehingga mengakibatkan kurangnya pemahaman dari siswa tentang materi yang disajikan guru, masih banyak siswa yang belum berhasil dalam pembelajaran IPS. dari 23 siswa hanya 10 siswa yang berhasil (35,7%), sedangkan yang 18 siswa belum berhasil (64 %). Model pembelajaran yang digunakan adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD GMIM 3 Tomohon. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kelas ( Classroom Based Action Research) yang dikemukakan oleh Stephen Kemmis dan Robbin MC Tagart ( Zainal Aqip 2006: 30-31), dengan menggunakan model spiral yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi.Penelitian ini dilakukan kepada 23 siswa kelas IV pada siklus I yaitu 57,61 %, hal ini di karenakan pada siklus I belum terlaksana secara maksimal, terdapat beberapa kekurangan dan masalah yang terjadi pada siklus I. siklus II yaitu 92,60 %, terjadi peningkatan karena kegiatan pembelajaran di siklus ke II ini sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Guru dan siswa dapat berinteraksi atau bekerja sama dengan baik. Dari sisi siswa begitu antusias dalam menerima penjelasan materi dari guru.. Dari penelitian dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu Bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkat hasil belajar IPS siswa kelas IV SD GMIM III Tomohon.Dengan model Contextual Teaching and Learning membuat siswa semakin aktif dalam pembelajaran sehingga membuat suasana kelas menjadi menyenangkan.Diharapkan kepada guru kelas IV yang mengajar IPS agar bisa menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam proses pembelajaran.Agar semua siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran dalam kelompok sehingga suasana kelas yang menyenangkan

Article Details

Section
Articles