PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT STM DALAM PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Sains Teknologi Masyarakat, IPA, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam IPA dengan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat STM pada siswa kelas IV SD Katolik II Don Bosco Kota Bitung Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas PTK Proses yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model proses siklus spiral yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas PTK menurut Kemmis dan McTaggart Adapun desain penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis dan McTaggart dengan tahapan lahapan sebagai berikut: 1 Perencanaan planning 2 Aksi tindakan acting 3 observasi observing 4 refleksi reflecting
Berdasarkan pada hasil yang dicapai oleh siswa sesuai data hasil belajar ilmu pengetahuan alam IPA pada siklus I didapatkan siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran baru mencapai 57 4 Adapun jumlah siswa yang telah tuntas belajar sekitar 4 siswa dari 15 siswa atau sekitar 33 33 siswa yang telah tuntas belajar dan mencapai skor minimal ketuntasan belajar 65 Sedangkan data hasil belajar ilmu pengetahuan alam IPA pada siklus II didapatkan siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran telah meningkat mencapai 100 Adapun jumlah siswa yang telah tuntas belajar berjumlah 15 siswa atau sekitar 100 atau keseluruhan siswa yang telah tuntas belajar Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan alam IPA dengan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat STM dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas IV SD Katolik II Don Bosco Kota Bitung < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id