PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DALAM PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

AMIANA MOGOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) pada siswa kelas IV SD Katolik II Don Bosco Kota Bitung. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Proses yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model proses siklus (spiral) yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Kemmis dan McTaggart. Adapun desain penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis dan McTaggart dengan tahapan-lahapan sebagai berikut: (1) Perencanaan (planning), (2) Aksi tindakan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting).
Berdasarkan pada hasil yang dicapai oleh siswa sesuai data hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siklus I, didapatkan siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran baru mencapai 57,4%. Adapun jumlah siswa yang telah tuntas belajar sekitar 4 siswa dari 15 siswa atau sekitar 33,33% siswa yang telah tuntas belajar dan mencapai skor minimal ketuntasan belajar 65. Sedangkan data hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siklus II, didapatkan siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran telah meningkat mencapai 100%. Adapun jumlah siswa yang telah tuntas belajar berjumlah 15 siswa atau sekitar 100% atau keseluruhan siswa yang telah tuntas belajar. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas IV SD Katolik II Don Bosco Kota Bitung.

Article Details

Section
Articles