PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

MAGDALENA KAUNANG

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran struktural analitik sintetik (SAS). Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini yang menempuh langkah-langkah yang dilakukan secara siklus seperti yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini menetapkan beberapa siklus dalam melakukan tindakan, setiap siklus tersebut terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil yang dicapai pada siklus I dapat dilihat bahwa rata-rata nilai hasil tes belajar siswa kelas IV adalah 56,67%. Sedangkan hasil yang dicapai dalam siklus II telah mencapai ketuntasan 93,33%. Hal ini dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran telah mencapai hasil yang diharapkan, di mana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Struktur Analisa Sintesa (SAS) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV SD GMIM Woloan Kota Tomohon.

Article Details

Section
Articles