PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK SAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran Struktur Analisa Sintesa, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran struktural analitik sintetik SAS Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK Penelitian tindakan kelas ini yang menempuh langkah langkah yang dilakukan secara siklus seperti yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart Penelitian ini menetapkan beberapa siklus dalam melakukan tindakan setiap siklus tersebut terdiri dari tahap tahap sebagai berikut: perencanaan tindakan observasi dan refleksi
Hasil yang dicapai pada siklus I dapat dilihat bahwa rata rata nilai hasil tes belajar siswa kelas IV adalah 56 67 Sedangkan hasil yang dicapai dalam siklus II telah mencapai ketuntasan 93 33 Hal ini dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran telah mencapai hasil yang diharapkan di mana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Struktur Analisa Sintesa SAS dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV SD GMIM Woloan Kota Tomohon < p>

References

Downloads

Published

2021-07-18

Issue

Section

Articles