PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI BINTAU

Authors

  • Melinda Damopolii Universitas Negeri Manado
  • Roos M.S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Marien Pinontoan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD Negeri Bintau tentag menulis karangan pada siswa kelas IV SD Negeri Bintau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus penelitian terdiri 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Bintau  yang berjumlah 9 orang.  Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data perhitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,44 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 33,3%. Pada siklus II memperoleh, nilai rata-rata sebesar 91,33 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya kelas IV SD Negeri Bintau.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)