PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 TOMOHON

Authors

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan
model Problem Based Learning pada siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas PTK dengan menggunakan
model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahap: 1 Perencanaan 2 Tindakan
3 Observasi 4 Refleksi Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon
Teknik pengmpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan
observasi Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis ketuntasan belajar
dengan perhitungan presentase dan rata rata hasil belajar siswa Hasil penelitian menunjukan
bahwa pencapaian hasil belajar pada siklus I 59 pada siklus II mengalami peningkatan
menjadi 89 Dengan demikian penggunaan model Problemt Based Learning dapat
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon < p>

References

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)