PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 TOMOHON

Main Article Content

Shaileen Gracela Jacobus
Maxie Liando
Mozez Y. Legi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan
model Problem Based Learning pada siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan
model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Tindakan,
(3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon.
Teknik pengmpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan
observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis ketuntasan belajar
dengan perhitungan presentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan
bahwa pencapaian hasil belajar pada siklus I 59% pada siklus II mengalami peningkatan
menjadi 89%. Dengan demikian penggunaan model Problemt Based Learning dapat
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon.

Article Details

Section
Articles