PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 TOMOHON
Keywords:
Model Problem Based Learning, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan 
model Problem Based Learning pada siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon. Metode yang 
digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan 
model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, 
(3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon. 
Teknik pengmpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan 
observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis ketuntasan belajar 
dengan perhitungan presentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan 
bahwa pencapaian hasil belajar pada siklus I 59% pada siklus II mengalami peningkatan 
menjadi 89%. Dengan demikian penggunaan model Problemt Based Learning dapat 
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon.
						
											
   widdyrorimpandey@unima.ac.id