PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SD GMIM 24 MANEMBO-NEMBO

Authors

  • Enjel Tujuwale Universitas Negeri Manado
  • Mersty E. Rindengan Universitas Negeri Manado
  • Mozez Y. Legi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas V SD GMIM 24 Manembo-nembo. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Subyek penelitian adalah kelas V SDN GMIM Manembo-nembo yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Data yang terkumpul di analisis secara deskriptif kualitatif untuk data observasi dan deskriptif kuantitatif untuk data tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD GMIM Manembo-nembo pada siklus I mendapat nilai rata-rata 56,67% dan dinyatakan belum memenuhi standar ketuntasan. Kemudian tindakan dilanjutkan pada siklus II pada siklus II  hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 92,5%.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>