PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 2 TATAARAN

Main Article Content

Nahria N. R. Makahenggeng
Norma N. Monigir
Mozez Y. Legi

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas III SD Negeri 2 Tataaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK), dalam pengumpulan data penelitian menggunakan soal tes, dengan jumlah siswa 25 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,4%, hasil belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 66% dan pada siklus II diperoleh sebesar 84,4%. Kemudian pada penilaian afektif pada siklus I nialainya mencapai 2,18 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,52 dengan kriteria baik, sedangkan pada penilaian psikomotorik siklus I nilainya yaitu 2,34 dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,78 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas III SD Negeri 2 Tataaran dengan melalui pelaksanaan dari siklus I serta siklus II berdasarkan seluruh pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Prolem Based Learing (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada Tema 7 Perkembangan Teknologi, Sub tema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan, Pembelajaran 1 dengan materi Luas Permukaan Benda Dalam Satuan Tidak Baku.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)