PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 2 TATAARAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas III SD Negeri 2 Tataaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK), dalam pengumpulan data penelitian menggunakan soal tes, dengan jumlah siswa 25 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,4%, hasil belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 66% dan pada siklus II diperoleh sebesar 84,4%. Kemudian pada penilaian afektif pada siklus I nialainya mencapai 2,18 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,52 dengan kriteria baik, sedangkan pada penilaian psikomotorik siklus I nilainya yaitu 2,34 dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,78 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas III SD Negeri 2 Tataaran dengan melalui pelaksanaan dari siklus I serta siklus II berdasarkan seluruh pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Prolem Based Learing (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada Tema 7 Perkembangan Teknologi, Sub tema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan, Pembelajaran 1 dengan materi Luas Permukaan Benda Dalam Satuan Tidak Baku.