PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 2 TATAARAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD N 2 Tataaran Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 2 Tataaran yang berjumlah 17 orang Teknik pengumpulan data melalui tes dan observas, teknik pengolahan data melalui rumus persemtase KB = x 100% Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 64.35% belum berhasil sehingga dilanjutkan pada siklus II Dan pada siklus Il telah mencapai hasil 93,23 % Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievment Division dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Tataaran Bertolak dan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.