PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 2 TATAARAN

Main Article Content

Tuasa V. Aviomita
Fientje J. Oentoe
Yuimi H. Mottoh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD N 2 Tataaran Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 2 Tataaran yang berjumlah 17 orang Teknik pengumpulan data melalui tes dan observas, teknik pengolahan data melalui rumus persemtase KB = x 100% Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 64.35% belum berhasil sehingga dilanjutkan pada siklus II Dan pada siklus Il telah mencapai hasil 93,23 % Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievment Division dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Tataaran Bertolak dan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles