PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS V SD N INPRES LOPANA

Main Article Content

Shania W. Tilman
Fientje J. Oentoe
Romi J. Mongdong

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan temuan bahwa sebagian besar siswa kurang minat dalam belajar mandiri karena kurangnya peran guru kelas. Sehingga itu akan sangat berkaitan erat dengan peran guru dalam meningkatkan belajar mandiri siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan belajar mandiri siswa kelas V, Apa yang menjadi kendala siswa sehingga sulit dalam belajar mandiri terlebih khusus pada kelas kelas V. Maka tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan belajar mandiri siswa kelas V”. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Inpres Lopana yang terletak di Desa Lopana Satu, Kec. Amurang Timur, Kab. Minahasa Selatan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas V dan 1 orang siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan dilihat dari jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif serta dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan  secara keseluruhan tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian yang dilakukan di SD N Inpres Lopana menunjukan bahwa guru di SD N Inpres Lopana khususnya pada kelas V dalam meningkatkan belajar mandiri siswa menggunakan berbagai upaya, yaitu dapat dilihat dari 9 indikator yang penulis gunakan sebagai instrument penelitian, ke 9 indikator menunjukan masing-masing presentase pada setiap indikator. Guru selalu menyiapkan RPP sebelum memulai kegiatan pembelajaran, guru menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, guru memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan siswa, sehingga mereka memiliki usaha untuk memahami apa itu mandiri. Namun ada beberapa indikator yang belum dapat dipenuhi oleh guru dikarenakan berbagai kekeurangan dari fasilitas yang ada disekolah. Saran untuk guru yaitu guru lebih berperan dalam meningkatkan belajar mandiri siswa kelas V SD N Inpres Lopana agar siswa lebih minat dalam proses belajar mandiri baik dijam pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)