MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI PECAHAN KELAS III SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di SD GMIM I Tomohon dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Data hasil belajar diambil dengan tes hasil belajar dan faktor-faktor keberhasilan penelitian diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata siswa 88,66 dan presentase siswa yang mencapai KKM 86,66. Penggunaan alat peraga real merupakan salah satu cara meningkatkan hasil belajar siswa karena pembelajaran yang sangat kontekstual dengan dunia siswa sehingga membuat siswa lebih aktif dan mudah memahami materi pecahan.