Upaya Humas PT Bukit Asam Tbk Tanjung Enim dalam Meningkatkan Pelayanan Komunikasi Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i2.11673Keywords:
Humas, Pelayanan, Komunikasi, PerusahaanAbstract
ABSTRAK
Pelayanan komunikasi yang dilakukan setiap perusahaan perlu dilakukan oleh instansi ahli di bidangnya. Humas adalah wajah bagi perusahaan yang memfasilitasi berbagai mediasi perusahaan kepada stakeholder atau internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ilmu kehumasan yang menurut peneliti masih minim yang membahas secara spesifik tentang humas perusahaan. Maka dari itu, peneliti menggunakan metode kualitatif yang mana teori ini dapat mendeskripsikan data secara narasi yang mudah dipahami. Peneliti menggunakan Teori Excellence oleh Grunig & Hunt yang mana teori ini menjadi standar bagaimana humas melakukan berbagai pola komunikasi yang efektif bagi internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian ini membahas perihal Humas PT Bukit Asam Tbk Tanjung Enim yang telah melakukan serangkaian program komunikasi dan mediasi seperti exposure media, media relations, pelayanan berkala kepada stakeholder, event management, management crisis, dan agenda setting. Sehingga didapat kesimpulan bahwa Humas sangat krusial dalam pengelolaan pelayanan khususnya komunikasi perusahaan agar terpeliharanya relasi yang baik dan saling menguntungkan.
ABSTRACT
Communication services carried out by each company need to be carried out by expert agencies in their field. Public relations is the face of a company that facilitates various company mediations with stakeholders or internal companies. This research aims to develop public relations science, which according to researchers is still minimal which specifically discusses corporate public relations. Therefore, researchers use qualitative methods where this theory can describe data in a narrative that is easy to understand. Researchers use the Excellence Theory by Grunig & Hunt, which is the standard for how public relations carries out various effective communication patterns for internal and external companies. The results of this research discuss the Public Relations of PT Bukit Asam Tbk Tanjung Enim which has carried out a series of communication and mediation programs such as media exposure, media relations, regular services to stakeholders, event management, crisis management, and agenda setting. So it can be concluded that Public Relations is very crucial in managing services, especially corporate communications, so that good and mutually beneficial relationships are maintained.
References
Afrizal. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Pers.
Akbar, M. F., Evadianti, Y., & Asniar, I. (2021). Public Relations (A. G. Zainal, Ed.). DI Yogyakarta: Penerbit Ikatan Guru Indonesia DIY.
Cahyani, N. R. (2023). Kebijakan Pemberhentian Ekspor Biji Nikel Indonesia Tahun 2020: Tinjauan Neomerkantilisme . Ganaya Jayapangus Press, 6.
Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (T. Surjaman, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
El Adawiyah, S. (2020). Pengantar Public Relations (Y. Fauzan A.T, Ed.). Yogyakarta: Buku Literasi.
Kriyantono, R. (2015). Konstruksi Humas Dalam Tata Kelola Komunikasi Lembaga Pendidikan Tinggi di Era Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Pekommas, 18.
Kriyantono, R. (2017). Teori-teori public relations perspektif barat & lokal: Aplikasi penelitian & praktik. Jakarta: Kencana.
Kustiawan, W., Katibah, & Kudadiri, A. J. (2023). Strategi Komunikasi Massa Dalam Pengelolaan Dan Pelayanan InformasiDi Humas Kementerian Agama Kabupaten Dairi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3.
Pratama, N. A., & Thamrin, H. M. (2023). Peran Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia Daop 9 Jember dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat. Publishing, 1.
Sakdiyah, V. A. N., Nasheh, A. Q., Khikmah, A., Lutfiana, S., & Chotimah, C. (2024). Perbedaan Humas Dan Kajian Lain. JMPAI: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2.
Triyaningsih, D., Yenrizal, & Hati, P. C. (2025). Pendekatan Komunikasi PT Bukit Asam Dalam Melaksanakan Program Community Engagement : Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Tanjung Enim. Jurnal EduTIK, 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jihan Qorira, Eras Kaitaginting, Putri Citra Hati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.