PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.1173Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran model discovery terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Touluaan Penelitian ini menggunakan Metode eksperimen semu Quasi Eksperimental Rancangan eksperimen semu yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Desain Sampel penelitian ini diambil 56 responded 28 responded untuk kelas eksperimen dan 28 responded untuk kelas kontrol Data hasil penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran discovery secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Touluaan Pengaruh Model Pembelajaran Discovery melalui uji statistik dengan menggunakan uji t ternyata nilai thitung< sub> lebih besar dari ttabel< sub> atau thitung < sub>= 3 071 gt; ttabel< sub> = 1 684 pada = 0 05 dk = n 2 Dengan demikian penelitian ini menerima hipotesis alternatif Ha< sub> dan menolak hipotesis normal Ho< sub> artinya terdapat pengaruh Pembelajaran Model Discovery terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajarran Komputer dan Jaringaan Dasar SMK Negeri 1 Touluaan < em>< p>
