PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.1214Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat metode pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Prakarya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Langowan yang berjumlah 20 siwa, terdiri dari laki-laki berjumlah 8 orang dan perempuan berjumlah 12 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana data diperoleh setelah dilakukan tindakan berupa penerapan metode pembelajaran berbasis masalah yang berlangsung dalam dua siklus untuk mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 90% dari siswa kelas XI telah memperoleh nilai minimal 75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran prakarya, ini dapat di lihat pada data yang diperoleh setelah tindakan pada siklus II dengan hasil sebanyak 18 siswa tuntas belajar dengan presentasi keberhasilan adalah 90% dengan demikian penerapan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Langowan.